BIAN di NTT Sasar 2 Juta Lebih Anak

- Kamis, 19 Mei 2022 | 22:38 WIB
Kader di Posyandu Kasih Ibu Kota Kupang, saat melakukan proses penimbangan salah satu bayi dalam kegiatan Posyandu bulanan. (victorynews.id - Sinta Tapobali)
Kader di Posyandu Kasih Ibu Kota Kupang, saat melakukan proses penimbangan salah satu bayi dalam kegiatan Posyandu bulanan. (victorynews.id - Sinta Tapobali)

 

KUPANG, VICTORY NEWS - Pemerintah secara resmi telah melaunching pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) di seluruh Indonesia, salah satunya di NTT dengan sasaran 2 juta lebih anak.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Bidang P2P Dinkes Provinsi NTT, Seksi Surveilans dan Imunisasi, pelaksanaan BIAN di NTT menargetkan sebanyak 2.117.881 anak.

Dari jumlah ini dirincikan lagi untuk imunisasi tambahan (Campak-Rubela) menyasar 1.421.992 Anak NTT. Sedangkam untuk Imunisasi Kejar baik OPV, IPV dan DPT-HB-Hib, akan menyasar 695.889 Anak NTT.

Baca Juga: UNICEF Nyatakan Dukungan Sukseskan BIAN di NTT

Adapum sasaran Imunisasi Tambahan baik Campak maupun Rubela menyasar anak usia 9 bulan - sampai 12 tahun, sedangkan untuk sasaran Imunisasi Kejar OPV, IPV dan DPT-HB-Hib, untuk anak usia 12-59 bulan yang tidak/belum lengkap OPV, IPV, dan DPTHB-Hib.

Target Imunisasi Tambahan Campak Rubela, minimal 95% dari target imunisasi mendapatkan Tambahan Campak Rubela. Untuk target Imunisasi Kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib), minimal 80% dari target imunisasi kejar mendapatkan minimal 1 dosis (OPV, IPV, dan atau DPT-HB-Hib)

Tempat pelayanan dalam pelaksanaan BIAN ini akan dilakukan di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, seperti Puskesmas, Puskesmas pembantu, Rumah Sakit Pemerintah, Rumah Sakit Swasta, Rumah Sakit/klinik TNI dan POLRI, Klinik/Praktik Dokter Swasta, Tempat Praktik Mandiri Bidan dan Fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Baru Canangkan BIAN, Dinas Kesehatan Belu Sudah Imunisasi Campak Rubela 4.173 Anak

Untuk mempercepat pelaksanaan BIAN, maka Pemerintah juga membuka pos pelayanan imunisasi seperti di sekolah, Posyandu, lapangan, drive thru, mobile dengan mobil Puskesmas keliling atau lainnya, dan pasar dan pelaksanaanya akan dilakukan hingga Juni 2022 dengan tenaga vaksinator sebanyak 2.679 orang.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RUU 5 Provinsi Tidak Bahas Soal Provinsi Flores

Minggu, 26 Juni 2022 | 22:15 WIB

Delegasi Komwil IV Apeksi Puji SPAM Kali Dendeng

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:04 WIB
X