Bahaya Mikroplastik, Warga Kota Kupang Diminta Sadar Tekan Penggunaan Sampah Plastik

- Jumat, 20 Mei 2022 | 14:36 WIB
Sapi mengkonsumsi plastik di TPA Alak Kota Kupang, NTT.  (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Sapi mengkonsumsi plastik di TPA Alak Kota Kupang, NTT. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

KUPANG, VICTORYNEWS - Sudah saatnya warga Kota Kupang meminimalisir penggunaan produk berbahan plastik untuk mengurangi bertambahnya sampah plastik yang memcemari lingkungan.

Kontrol terhadap penggunaan produk berbahan plastik akan berdampak besar terhadap kesehatan masyarakat karena menjauhkan masyarakat dari bahaya microplastik.

Baca Juga: Modul SMK Plus 1 Tahun Miliki 4 Karakteristik, Bisa Diakses Dengan Android

Karolus Ngambut selaku Akademisi Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kupang menyebut semua pihak harus bertanggung jawab menekan produksi sampah terutama sampah plastik.

Mikroplastik dari sampah plastik dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh manusia dan partikel ini dapat menyebabkan perubahan pada DNA, stres oksidatif, hingga mengakibatkan tubuh manusia lebih mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Pemprov NTT Lunching Modul SMK Plus 1 Tahun Berbasis Gnowbe

Karolus saat dihubungi Jumat (20/5/2022) juga merinci berbagai dampak sampah plastik terhadap manusia dan hewan saat mencemari tanah, air dan udara.

Sampah plastik dapat merusak kualitas air yang manusia konsumsi dan adanya mikroplastik yang ukurannya kurang lebih 5 mili micron yang dapat merusak rantai makanan.

"Karena ukuran yang sangat kecil itu dapat masuk dalam sistem rantai makanan di perairan, termasuk ikan terutama ikan yang besar, kerang, dan pada gilirannya akan ke manusia saat dikonsumsi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas Anak Rantau King Kini Hadir di Kota Soe

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:45 WIB

Delegasi Komwil IV Apeksi Puji SPAM Kali Dendeng

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:04 WIB
X