lkawangi Kenalkan Budaya Banyuwangi Kepada Warga Kota Kupang

- Minggu, 22 Mei 2022 | 19:38 WIB
Ikawangi Kota Kupang menampilkan budaya tarian gandrung sewu di wisata Pantai Lasiana, Kota Kupang. (victorynews.id/Mikael Umbu).
Ikawangi Kota Kupang menampilkan budaya tarian gandrung sewu di wisata Pantai Lasiana, Kota Kupang. (victorynews.id/Mikael Umbu).

KUPANG, VICTORY NEWS - Ikatan Keluarga Besar Banyuwangi Kota Kupang (Ikawangi) menggelar halal bihalal di Pantai Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Minggu (22/5/2022).

Kegiatan ini bukan saja sebagai bentuk persaudaraan antar anggota namun menampilkan kesenian asli dari daerah Banyuwangi untuk memperkenalkan kepada warga Kota Kupang.

Ketua Paguyuban Ikawangi Kota Kupang Raji Wijayanto mengatakan kegiatan ini diikuti 100 kepala keluarga yang tergabung di dalam paguyuban Ikawangi. 

Baca Juga: Ini Pesan Istri Penjabat Bupati Lembata Yang Baru Dilantik, Bekerjalah Sesuai Aturan!

"Ada kurang lebih 100 kepala keluarga yang tercatat ada dalam paguyuban ini dengan jumlah warga banyuwangi sekitar 200 orang yang sudah tinggal di Kota Kupang," ujar Raji.

Ia menyebut, para anggota ini sudah menetap lama di Kota Kupang. Mereka berprofesi sebagai pegawai dan wirausaha. "Jadi semuanya dihimpun dalam satu paguyuban yaitu Ikawangi," kata Raji.

Raji menjelaskan, kegiatan ini merupakan kebiasaan usai menjalankan puasa dan lebaran.

"Selain itu, selama satu bulan jarang bertemu sehingga pada hari ini mengadakan kegiatan gebyar yang bisa dilakukan dalam event resmi yang diminta pemerintah kota maupun Provinsi NTT," tambahnya.

Baca Juga: Tewas Bersimbah Darah di Rumahnya, Hasil Visum Pria di Lembata Tak Ada Tanda Kekerasan di Tubuh Korban

Dalam kesenian ini ditampilkan beberapa tarian dengan alunan musik gendang seperti lagu geding-geding banyuwangi, tari macan dan tari pendekar kerajaan.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komunitas Anak Rantau King Kini Hadir di Kota Soe

Minggu, 26 Juni 2022 | 14:45 WIB

Delegasi Komwil IV Apeksi Puji SPAM Kali Dendeng

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:04 WIB
X