Tahapan Pemilu Mulai Pekan Depan, KPU NTT Gelar Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu

- Jumat, 10 Juni 2022 | 17:13 WIB
Plh. Ketua KPU Provinsi NTT Yosafat Koli bersama Anggota KPU Provinsi Jeffry A. Galla, Lodowyk Fredrik, dan Fransiskus V. Diaz saat menghadiri acara pembukaan kegiatan Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu di Kupang, Jumat (10/6). (@instagramKPUNTT).
Plh. Ketua KPU Provinsi NTT Yosafat Koli bersama Anggota KPU Provinsi Jeffry A. Galla, Lodowyk Fredrik, dan Fransiskus V. Diaz saat menghadiri acara pembukaan kegiatan Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu di Kupang, Jumat (10/6). (@instagramKPUNTT).

KUPANG,VICTORYNEWS- Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT menyelenggarakan Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu di Lingkungan Sekretariat KPU Provinsi NTT dan Sekretariat KPU Kabupaten/Kota, Jumat (10/6/2022) di Hotel Aston Kupang.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat Sekretaris Jenderal KPU RI Nomor 1164/PLB.02-SD/13/2022 tanggal 31 Mei 2022 Perihal Pelaksanaan Peningkatan Kapasitas Tata Kelola Pemilu bagi PNS KPU Provinsi/KIP Aceh dan
KPU/KIP Kabupaten/Kota.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 327 orang PNS yang terdiri dari 1 orang PNS KPU Provinsi Papua Barat, 1 orang PNS KPU Provinsi Maluku, 325 orang PNS dari 22 Satker KPU Kabupaten/Kota di Nusa Tenggara Timur, serta tidak hadir 4 orang dikarenakan 2 orang sakit, 1 orang tugas belajar dan 1 orang sedang menjalani cuti melahirkan.

Plh. Ketua KPU Provinsi NTT Yosafat Koli bersama Anggota KPU Provinsi Jeffry A. Galla, Lodowyk Fredrik, dan Fransiskus V. Diaz menghadiri acara pembukaan kegiatan Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu di Kupang, Jumat (10/6).

Yosafat dalam sambutannya menyampaikan dalam hitungan hari tepatnya 14 Juni 2022 akan dimulainya tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024, hanya ada satu kata bagi jajaran Sekretariat KPU yakni siap menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan Serentak.

"Kesiapan ini bukan hanya kesiapan semangat namun benar-benar sebuah komitmen, optimisme dan kepercayaan diri bahwa kita mampu mewujudkan Pemilu berkualitas, karena kita memiliki kapasitas dan kompetensi dalam Tata Kelola Pemilu," katanya.

Selain itu, salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi adalah dengan mengikuti Pelatihan Dasar Tata Kelola Pemilu yang diadakan secara nasional dan terjadwal oleh Setjen KPU RI. 

Ia menambahkan, kegiatan pelatihan ini juga sebagai bentuk perhatian hierarki bagi seluruh personil ASN dan menjadi pondasi bagi ASN Sekretariat KPU Provinsi maupun Kabupaten/Kota di NTT untuk lebih memahami tentang penerapan Sistem Pemilu, kelembagaan penyelenggara Pemilu, manajemen Pemilu serta keadilan Pemilu yang terkait dengan penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Pemilu. ***

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CATAT! 24 Agustus, Sidang Putusan Randy Badjideh

Senin, 8 Agustus 2022 | 14:52 WIB
X