Batas Waktu Penyidik Polda NTT Lengkapi Berkas Ira Ua 14 Hari

- Rabu, 15 Juni 2022 | 22:55 WIB
Kasi Penkum Kejati NTT Abdul Hakim.  Batas waktu penyidik Polda NTT lengkapi berkas Ira Ua 14 hari (VICTORYNEWS.ID -SIMON SELLY)
Kasi Penkum Kejati NTT Abdul Hakim. Batas waktu penyidik Polda NTT lengkapi berkas Ira Ua 14 hari (VICTORYNEWS.ID -SIMON SELLY)

KUPANG, VICTORYNEWS- Setelah jaksa peneliti memberikan petunjuk (P-19), atas berkas perkara tersangka Ira Ua pada 10 Juni 2022, penyidik Polda NTT memiliki batas waktu selama 14 hari untuk melengkapi berkas perkara tersebut.

Menurut Abdul, Polda NTT diberi kesempatan melengkapi berkas selama 14 hari.

"Yang jelas ada berkas ada kekurangan dalam berkas perkara itu. Waktu yang diberikan ke Polda NTT sesuai UU itu 14 hari setelah diberikan P-19 atau petunjuk dari jaksa dan minggu depan batasannya dikebalikan oleh penyidik kepada jaksa peneliti," jelas Abdul, Rabu (16/6/2022).

Baca Juga: Silaturahmi Dengan Danrem 161/Wira Sakti Kupang, Ini Tujuan Sekjen DPP LVRI

Menurut Abdul, petunjuk yang diberikan oleh jaksa peneliti kepada penyidik Polda NTT merupakn pokok materi sehingga tidak dapat disampaikan guna kelancaran proses penyidikan.

"Mengenai materi petunjuk itu yang mengetahui jaksa dan penyidiknya, hal itu telah masuk dalam pokok materi sehingga kami juga tidak dapat menyampikan hal itu karena dapat menggangu proses penyidikan penyidik. Makanya kami tidak pernah sampaikan isi materi petunjuk itu bagaimana," jelasnya.

Menurut Abdul, penyidik Polda NTT memiliki waktu 14 hari setelah dikembalikan berkas perkara untuk dikembalikan, jika tidak demikian maka, maka penyidik Polda NTT akan diberikan teguran.

"Bila dalam waktu 14 hari penyidik akan berikan teguran atau P-17 (pemberitahuan kepada penyidik), bahwa waktu 14 hari telah selesai jadi silahkan kirim berkas itu lagi kepada jaksa peneliti," beber Abdul ketika ditemui victorynews.id di Kantor Kejati NTT.

Baca Juga: Launching Pemilu 2024 Dimulai, Parpol Harus Berikan Pendidikan Politik

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Besok, Berkas Ira Ua Dilimpahkan ke Jaksa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:50 WIB

CATAT! 24 Agustus, Sidang Putusan Randy Badjideh

Senin, 8 Agustus 2022 | 14:52 WIB
X