Kemendikbud Ristek Dikti RI Persilahkan Warga NTT Naik KRI Dewaruci

- Kamis, 23 Juni 2022 | 19:53 WIB
Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Diplomasi Budaya, Yusmawati saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. (victorynews.id/Kekson Salukh
Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Diplomasi Budaya, Yusmawati saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. (victorynews.id/Kekson Salukh

KUPANG, VICTORYNEWS- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi  (Kemendikbud Ristekdikti) RI mengajak warga NTT khususnya Kota Kupang untuk naik ke KRI Dewaruci.

Ajakan itu disampaikan Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Diplomasi Budaya, Yusmawati saat memberikan sambutan pada acara Workshop tentang Jejak Rupa Rempah, Kamis, (23/6/2022) di hotel Aston Kupang and Convention Center yang membahas Presentasi Hasil Riset dan Penggalian Ide Mural.

Yusmawati mengatakan, dalam catatan Kitab Negara Kertagama sudah tertulis Cendana merupakan rempah-rempah yang dicari para bangsa Eropa di jaman dahulu.

Baca Juga: 20 Kapal Nelayanan Binaan Lantamal VII Kupang Akan Sambut Kedatangan KRI Dewaruci

Dalam waktu dekat, kata Yusma, KRI Dewaruci yang membawa puluhan Laskar Rempah dari seluruh Indonesia akan tiba di NTT sebagai kota penghasil Cendana terbesar di dunia.

Ia berharap para peserta yang hadir itu bisa mendatangi KRI Dewaruci yang akan sandar di pelabuhan Tenau Kupang pada tahun 25 Juni mendatang.

"KRI Dewaruci ini merupakan kapal legendaris yang dimiliki TNI AL. Walaupun sudah  berusia tua tetapi masih memiliki kekuatan yang luar biasa, " tandasnya.

Baca Juga: Nostalgia Bersama KRI Dewaruci Mengarungi Jalur Rempah Nusantara (4)

Ia menambahkan, KRI Dewaruci merupakan kapal legendaris yang harus dikunjungi masyarakat, karena tidak semua orang bisa berkunjung dan naik di KRI Dewaruci.

"Semoga karya mural yang dihasilkan itu dapat memotivasi masyarakat dan pemerintah dalam menghidupkan kembali rempah-rempah yang ada di Indonesia khususnya NTT," katanya. 

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

RUU 5 Provinsi Tidak Bahas Soal Provinsi Flores

Minggu, 26 Juni 2022 | 22:15 WIB

Delegasi Komwil IV Apeksi Puji SPAM Kali Dendeng

Jumat, 24 Juni 2022 | 22:04 WIB
X