Badan Kesbangpol Catat 13 Partai Politik Baru di NTT

- Jumat, 24 Juni 2022 | 17:17 WIB
Ilustrasi Partai Politik. Badan Kesbangpol mencatat 13 Partai Politik Baru di NTT.  (Dok.pikiran rakyat.com)
Ilustrasi Partai Politik. Badan Kesbangpol mencatat 13 Partai Politik Baru di NTT. (Dok.pikiran rakyat.com)

KUPANG, VICTORY NEWS-Terdapat 13 partai politik (parpol) baru di NTT pasca pemilu 2019 lalu yang memenuhi syarat sesuai verifikasi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Pendataan partai politik baru ini antara lain berdasarkan akta notaris pendirian partai, SK DPP yang dikeluarkan Kemenkumham, SK AD/ART, dari DPP mengeluarkan SK DPW dan DPW akan mengeluarkan SK DPD atau penyebutan lain di daerah.

"Semua partai politik harus ada data dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota," jelas Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Badan Kesbangpol NTT, Lusi Hermanus, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Berhasil Kumpulkan 1.055 Kantong Darah untuk NTT, PMI Beri Penghargaan untuk Polda NTT

Minimal juga partai baru harus terbentuk 75 persen di kabupaten/kota atau memiliki keanggotaan minimal 1.000 untuk satu provinsi.

Verifikasi partai yang beraktivitas di NTT telah dilakukan oleh Kesbangpol. Selain itu, Kesbangpol bersama kelompok pengawas dari berbagai kalangan akan melakukan pengawasan terhadap parpol. Kelompok ini juga berfungsi menjaga indeks demokrasi yang ada.

Lusia menegaskan, 13 parpol yang baru itu telah didatangi dan memiliki syarat yang cukup dan Kesbangpol pun telah menerbitkan akta keberadaan parpol itu di NTT.

Baca Juga: Sebaran Baduta Penerima Program Pemberian Makanan Tambahan Bank NTT

Parpol baru itu, antara lain Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Damai Kasih Bangsa, Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Indonesia Bangkit Bersatu, Partai Negeri Daulat Indonesia, Partai Nusantara, Partai Kongres, Partai Buruh, Partai Era Masyarakat Sejahtera, Partai Rakyat Adil Makmur, Partai Kejayaan Indonesia dan Partai Ummat.

"Kesbangpol juga terus mengikuti berbagai dinamika parpol untuk memperoleh data terbaru," kata dia.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X