Lapas Kupang Jadikan SPPN sebagai Alat Ukur Pemenuhan Hak Pembinaan Narapidana

- Jumat, 24 Juni 2022 | 19:10 WIB
Narapidana di Lapas Kupang serius mendengarkan penjelasan tentang SPPN, Jumat (24/6/2022).  (victorynews.id/yapi manuleus)
Narapidana di Lapas Kupang serius mendengarkan penjelasan tentang SPPN, Jumat (24/6/2022). (victorynews.id/yapi manuleus)

KUPANG, VICTORY NEWS-Narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang dikenalkan dengan Sistem Penilaian Perilaku Narapidana (SPPN), Jumat (24/6/2022).


SPPN ini merupakan alat ukur yang digunakan dalam memenuhi hak pembinaan bagi narapidana selama berada di Lapas Kupang.

Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kupang, Demetrius A D Goku menjelaskan, SPPN merupakan barometer atau alat ukur perilaku narapidana dalam pelaksanaan pembinaan narapidana di Lapas Kupang.

"Untuk memperoleh hak pembinaan, Narapidana harus memenuhi syarat substantive dan administrative, salah satunya adalah telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh Lapas dengan predikat baik, SPPN ini merupakan alat ukurnya,” katanya pada kesempatan tersebut.

Baca Juga: FIFA Umumkan Kick Off Piala Dunia U-20 di Indonesia Tepat Hari Kebangkitan Nasional

Penilaian dilakukan Wali Pemasyarakatan. Penilaian tersebut nantinya akan dievaluasi sebagai bahan pertimbangan bagi tim pengamat pemasyarakatan untuk menentukan program pembinaan mana yang tepat untuk dilakukan terhadap narapidana.

Sehingga pada akhirnya seluruh Narapidana di Lapas Kupang menjadi pribadi yang baik yaitu memperbaiki dirinya, menyesali perbuatannya dan aktif dalam pembangunan serta memperoleh bekal ketika berkumpul dengan keluarganya nanti.

Pantauan victorynews.id, Narapidana sangat antusias mendengarkan materi dalam kegiatan SPPN itu. Banyak Narapidana yang aktif bertanya untuk mendalami SPPN.

Baca Juga: Walhi Sebut NTT Belum Miliki Regulasi Konservasi Cendana

"Menurut kami, SPPN sangat bagus untuk diterapkan karena dapat mengukur keaktivan kami dalam menjalani masa pembinaan di sini, dengan adanya SPPN ini mendorong kami untuk mencari dan mengikuti kegiatan pembinaan di Lapas,” ucap Silvianus Marianus Tibo yang merupakan salah satu Narapidana di Lapas Kupang.***

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Besok, Berkas Ira Ua Dilimpahkan ke Jaksa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:50 WIB
X