Pengacara Randi Badjideh Hadirkan Ahli Pidana Undana Kupang Simplexius Asa Sebagai Saksi Meringankan

- Senin, 27 Juni 2022 | 15:12 WIB
Suasana sidang dengan terdakwa Randi Badjideh yang menghadirkan ahli pidana Undana Kupang di Pengadilan Negeri Kupang, Senin (27/6/2022).  (victorynews.id/Simon Selly)
Suasana sidang dengan terdakwa Randi Badjideh yang menghadirkan ahli pidana Undana Kupang di Pengadilan Negeri Kupang, Senin (27/6/2022). (victorynews.id/Simon Selly)

KUPANG, VICTORYNEWS - Sidang kasus dugaan pembunuhan Astri dan Lael dengan terdakwa Randi Badjideh kembali digelar di Pengadilan Negeri Kupang dengan menghadirkan saksi meringankan  ahli pidana Undana Kupang Simplexius Asa

Dalam keterangannya, ahli pidana Undana Kupang Simplexius Asa hanya menerangkan garis besar berkaitan dengan hukum acara pidana sesuai yang diketahui ahli tanpa masuk dalam pokok perkara. 

Menurut ahli pidana Undana Kupang, Simplexius Asa saksi dibagi dalam dua kategori yaitu saksi premium dan saksi Kw satu.

Baca Juga: Saul Manafe, Ayah Astri Manafe Mengamuk di Pengadilan Negeri Kupang, Mengapa?

"Untuk saksi premium, itu merupakan saksi yang melihat, merasakan, dan mengetahui suatu persolan. Sedangkan, saksi Kw merupakan saksi yang hanya mendengar tanpa melihat, atau keterangan saksi yang mendengar namun tidak melihat," jelas Simplexius Asa.

Selain itu, ahli juga menerangkan pencatutan pasal 55 KUHP dalam suatu perkara yang paling penting ialah pembuktian pasal tersebut.

"Adanya pasal 55 itu, perlu dibuktikan guna menunjukkan bukti keterlibatan pihak lain," katanya.

Baca Juga: Saksi Ahli dari Pihak Randi Badjideh Minta Sidang Direkam, Hakim tak Beri Izin

Ketika ditanya oleh salah satu pengacara terdakwa Amos Lafu, terkait dengan suatu perkara bila adanya pasal 55 KUHP kepada seseorang, namun tidak memenuhi unsur pidana menurut ahli bagaimana.

"Ahli bagaimana bila seseorang dikenakan pasal 55 namun dalam namun catutan pasal tersebut tidak memenuhi unsur menurut ahli itu bagaimana," tanya Amos kepada Ahli.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CATAT! 24 Agustus, Sidang Putusan Randy Badjideh

Senin, 8 Agustus 2022 | 14:52 WIB
X