Pengerjaan SPAM Kali Dendeng Kota Kupang Selesai, Masih Butuh Sambungan Pipa

- Minggu, 3 Juli 2022 | 14:50 WIB
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore saat melakukan pemantauan sistem operasi SPAM Kali Dendeng. (victorynews.id/Putra Bali Mula)
Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore saat melakukan pemantauan sistem operasi SPAM Kali Dendeng. (victorynews.id/Putra Bali Mula)

KUPANG, VICTORYNEWS - Pengerjaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng, Kota Kupang, NTT telah selesai 100 persen dan setelahnya masih dibutuhkan penyambungan pipa sekunder untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengutarakan ini saat bersama jajarannya memantau langsung pembangunan sistem ini di Kelurahan Manutapen, Kota Kupang Jumat (1/7/2022).

Pekerjaan SPAM Kali Dendeng, Kota Kupang yang menghasilkan air 150 liter per detik ini menelan anggaran sebesar Rp168 miliar dari pemerintah pusat.

Baca Juga: Proyek SPAM Kali Dendeng, Kota Kupang Sudah Capai 90 Persen

Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengatakan yang menjadi perhatian ke depan adalah Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang harus menganggarkan anggaran sebesar Rp30 sampai Rp40 miliar untuk pekerjaan pipa sekunder.

"Pipa sekunder ini yang akan menyambungkan jaringan sampai ke masyarakat atau sambungan rumah (SR)," jelas dia.

Ia menyebut, saat ini memang hanya ada 1.000 SR yang menikmati manfaat air bersih dari SPAM Kali Dendeng, Kota Kupang ini.

Baca Juga: Bangun SPAM di Sejumlah Kabupaten, Pemprov NTT Sediakan Rp70 Miliar

"Karena memang 1000 SR ini merupakan satu paket dengan pekerjaan SPAM Kali Dendeng ini atau yang dipasang oleh pemerintah pusat," kata dia.

Untuk itu ia ingin pemerintah ada persiapan anggaran untuk jaringan pipa air sekunder agar sampai ke masyarakat.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X