Pemkot Kupang Bakal Batasi Usia Menikah Untuk Calon Pengantin, Begini Batasannya

- Rabu, 27 Juli 2022 | 10:46 WIB
Tangkapan Layar, Wakil Wali Kota Kupang Berbicara dalam acara Victory Talk. (Facebook @victorynews)
Tangkapan Layar, Wakil Wali Kota Kupang Berbicara dalam acara Victory Talk. (Facebook @victorynews)

KUPANG, VICTORYNEWS - Pemerintah Kota Kupang, berencana membuat sebuah Peraturan Daerah tentang batas minimal usia menikah bagi warga Kota Kupang, NTT.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Kupang yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Kupang, Hermanus Man dalam Victory Talk, Rabu (27/7/2022).

Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man mengatakan, meski bentuk peraturannya belum ada, namun ide dasar dari pembuatan Perda tersebut telah ada.

Baca Juga: Anggota DPRD Lembata Bawa Tali ke Kelompok Muda, Begini Tujuannya

"Kami rencana akan membuat satu peraturan, contoh tidak ada lagi menikah pasa usia di bawah 20 tahun. Meski UU Perkawinan 19 tahun tapi kalau bisa 20 tahun ke atas," ujar Hermanus Man.

Perencanaan pembuatan Perda tersebut bukan tanpa alasan, namun menurutnya hal tersebut dilakukan untuk mencegah kematian ibu dan anak pada saat melahirkan.

"Statistik kesehatan membuktikan bahwa kematian ibu dan anak bagi seorang ibu berumur di bawah 20 tahun itu seratus setengah kali dibanding yang normal. Normal saja banyak matinya apalagi yang di bawah 20 tahun," jelas Hermanus Man.

Baca Juga: Rayakan 25 Tahun Tahbisan Episkopal, Ini Motto Uskup Agung Kupang

Kematian ibu dan anak pada saat melahirkan diakibatkan beberapa faktor seperti mental ibu yang tidak bagus, pola asuh tidak lengkap dan juga kondisi rahim yang tidak bagus dan belum siap.

Hermanus Man melanjutkan bahwa akan bekerjasama dengan tokoh-tokoh gereja agar memberikan edukasi dan pemahaman sehingga tidak terjadi lagi kehamilan di luar nikah.***

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bangga Punya TNI, Ini Link Twibbon HUT TNI ke-77

Rabu, 5 Oktober 2022 | 08:34 WIB
X