Tronton Masuk Kota Kupang, HIPMI Imbau Pengusaha Trucking Taati Peraturan Pemerintah

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 07:22 WIB
Salah satu truk tronton mengangkut kontainer saat melintasi jalan Timor Raya. Foto diabadikan, Rabu (27/7/2022) perang.  (victorynews.id/kekson salukh)
Salah satu truk tronton mengangkut kontainer saat melintasi jalan Timor Raya. Foto diabadikan, Rabu (27/7/2022) perang. (victorynews.id/kekson salukh)

KUPANG, VICTORYNEWS-Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Kupang, Yusak Benu mengimbau pengusaha trucking di Kota Kupang untuk menaati peraturan terkait aktivitas mobil tronton dalam kawasan Kota Kupang.

Imbauan itu menyusul adanya larangan dari Dinas Perhubungan Kota Kupang dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XIII NTT yang melarang truk tronton mengangkut kontainer masuk Kota Kupang.

Menurut Yusak, yang harus dilakukan adalah adanya tempat penampungan untuk truk di kawasan Pelabuhan Tenau sehingga kontainer yang keluar dari Pelabuhan Tenau langsung dibongkar ke truk kecil yang mengangkut ke dalam kota Kupang.

Baca Juga: IBU-IBU WAJIB TAHU! Harga Telur Ayam dan Ikan di Pasar Naikoten Stabil

"Keuntungannya adalah biaya yang murah, dan dari sisi keselamatan juga sangat berpengaruh besar, karena tidak ada truk besar yang masuk kota Kupang," jelasnya.

Yusak membenarkan masih banyak truk besar yang masuk kawasan Kota Kupang dikawal polisi.

Yusak menegaskan bahwa tindakan itu tidak benar. Karena, menggunakan jasa kepolisian untuk melanggar peraturan BPTD XIII NTT.

"Ini pun salah karena ini menggunakan jasa kepolisian untuk melanggar aturan dari BPTD XIII NTT. Masalah yang berlangsung selama ini kami harapkan tidak masuk ke semua area Kota Kupang yang ramai aktivitas lalulintas," ujarnya.

Baca Juga: Tahun 2023, Pemkot Kupang Siap Tp 4-5 Miliar, Bedah 750 Rumah

Lanjut Yusak, HIPMI Kota Kupang mendukung upaya pemerintah saat ini yang mengatur itu secara baik bahwa tidak boleh ada truk besar masuk kota Kupang.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CATAT! 24 Agustus, Sidang Putusan Randy Badjideh

Senin, 8 Agustus 2022 | 14:52 WIB
X