Pemprov NTT Perlu Investasi di UPTD Agar Dongkrak PAD dan Bekerja Tidak Monoton

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:55 WIB
Rapat Banggar DPRD Provinsi NTT bersama pemerintah membahas KUA-PPAS TA 2023, Jumat (5/8/2022).  (Dok DPRD NTT)
Rapat Banggar DPRD Provinsi NTT bersama pemerintah membahas KUA-PPAS TA 2023, Jumat (5/8/2022). (Dok DPRD NTT)

KUPANG, VICTORYNEWS - Ketua Komisi II DPRD NTT, Kasimirus Kolo meminta Pemerintah Provinsi (Pemrov) NTT untuk berinvestasi di setiap UPTD umtik mencari tambahan retribusi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD .

Kasmirus Kolo dalam rapat banggar di ruang rapat DPRD NTT pada Kamis (4/8/2022) malam mengatakan selain Tax Amnesty Pemprov NTT harus lebih intensif dalam menggali sumber-sumber PAD karena itu penting.

Potensi daerah yang dikembangkan dan digali secara intensif antara lain pungutan pada objek kafe, retribusi pajak hiburan dan restoran.

Baca Juga: Soeratin Cup 2022: Persena Nagekeo Jinakkan PSN Ngada 3-0

Disamping itu, upaya kebijakan intensifikasi PAD harusnya Pemprov NTT lebih serius melakukan pemungutan terhadap sumber pajak dan retribusi serta melakukan pendataan yang akurat bagi semua sumber PAD.

"Jadi Pemprov NTT perlu mengeluarkan anggaran untuk merevitalisasi UPT - UPT yang ada di dinas-dinas dengan tugas mencari retribusi pendapatan dan UPT yang ada mampu meningkatkan pendapatan. Kan banyak UPT yang dikelola oleh beberapa dinas tetapi selama ini tidak ada investasi," ujarnya. 

Satu hal lagi, UPT yang ada tidak mendapat anggaran yang cukup signifikan sehingga UPT dimaksud praktis tidak berdaya.

Baca Juga: Hampir 2 Bulan Tinggal di Indonesia Begini Kesan Keluarga Bule Asal Bosnia

"Kalau saja, UPT yang ada diberi anggaran yang cukup dan dipacu bekerja secara terukur maka PAD NTT pasti meningkat," andas mantan dosen Unwira Kupang ini.

DPRD NTT khususnya Komisi II mendorong terus berbagai upaya agar UPT yang ada dapat berinovasi sehingga nampak kerja UPT dimaksud secara nyata. 

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Besok, Berkas Ira Ua Dilimpahkan ke Jaksa

Selasa, 9 Agustus 2022 | 22:50 WIB
X