BKP Kupang Cegah PMK Melalui Pintu Masuk Resmi dari Timor Leste Namun 'Jalan Tikus' Masih Rawan

- Senin, 15 Agustus 2022 | 13:41 WIB
Kepala BKP Kupang Yulius Umbu Hunggar menunjukkan daging kering yang masuk tanpa dokumen dari Timor Leste melalui PLBN Wini. (Putra VN)
Kepala BKP Kupang Yulius Umbu Hunggar menunjukkan daging kering yang masuk tanpa dokumen dari Timor Leste melalui PLBN Wini. (Putra VN)

WINI, VICTORYNEWS - Balai Karantina Pertanian (BKP) Kupang bersama instansi terkait lainnya telah ketat mengawasi dan mencegah masuknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari Timor Leste ke NTT.

Namun begitu yang menjadi perhatian adalah jalur-jalur penyeberangan ilegal atau jalur tikus di perbatasan Indonesia-Timor Leste yang ada di Pulau Timor.

Kepala BKP Kupang Yulius Umbu Hunggar pada Senin (15/8/2022) menekankan pentingnya hal tersebut untuk menjaga NTT tetap berstatus zona hijau dari PMK.

Baca Juga: BKP Kupang Bakar 122 Kilogram Komoditi Ilegal, Terdapat Produk Brazil

Ia menyebut, pengetatan pengawasan telah dilakukan pada pintu masuk atau jalur resmi seperti Pos Lintas Batas Negara (PLBN), pelabuhan hingga bandara. Sedangkan ada ratusan kilometer garis perbatasan yang dapat menjadi jalan masuk ilegal.

"Kita fokus pada jalur resmi tetapi ada kurang lebih 200 kilometer ya tapal batasnya yang berpotensi menjadi jalan tikus. Ini yang kita koordinasikan dengan Satgas Pamtas, Polsek maupun Koramil yang ada di wilayah-wilayah ini," jelas dia.

Untuk itu menurutnya pihak-pihak ini perlu secara bersama-sama dapat menjaga agar NTT terbebas dari PMK di saat wilayah lainnya di Indonesia telah terpapar.

Baca Juga: BKP Kupang Musnahkan 11 Komoditi Ilegal dari Timor Leste, Mulai Sosis Hingga Ayam dan Babi

"Ini sangat rawan. Jadi seketat-ketatnya kita awasi di PLBN resmi tapi kalau tidak ada pengawasan di tapal batas lainnya terutama jalan tikus ini maka menjadi kerawanan masuknya virus PMK," ucapnya. ***

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Buku Tabungan Hilang, Tapi Mau Cek BSU? Ini Solusinya

Rabu, 28 September 2022 | 14:10 WIB
X