Kenakan Motif Timor, Kalapas Kupang: Saya Tinggal di Kupang Saya Hormati Budayanya

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 18:43 WIB
Kepala Lapas Kelas IIA Kupang Badarudin, mengenakan Motif Adat Timor Kupang menyambut Wagub NTT saat berkunjung di Lapas Kelas Kupang, Rabu (17/8/2022).  (victorynews.id/yapi manuleus)
Kepala Lapas Kelas IIA Kupang Badarudin, mengenakan Motif Adat Timor Kupang menyambut Wagub NTT saat berkunjung di Lapas Kelas Kupang, Rabu (17/8/2022). (victorynews.id/yapi manuleus)

KUPANG, VICTORYNEWS-Perayaan HUT ke 77 Kemerdekaan RI Tahun 2022, di Lapas Kelas IIA Kupang atau Lapas Kupang cukup unik. Sebab semua peserta mengenakan motif daerah NTT.

Salah satu yang paling unik adalah motif adat Timor yang dipakai Kepala Lapas Kupang, Badarudin.

Dirinya memilih mengenakan motif adat Timor karena ia menyadari saat ini dirinya ada di tanah Timor tepatnya di Kota Kupang.

Baca Juga: Wali Kota Kupang Apresiasi Pelayanan Publik Kanwil Kemenkumham NTT

Ia juga mengaku bahwa Motif Adat Timor yang ia kenakan secara lengkap dibelinya sendiri.

"Saya hargai budaya. Hari ini saya kenakan Timor Kupang seperti ini, karena ini di tanah Timor khusunya Kupang. Jadi saya bangga dan hormati itu," katanya, saat diwawancarai victorynews.id di ruang kerjanya, Rabu (17/8/2022) sore.

Selain menghormati budaya, ia juga mengaku mengenakan motif adat Timor untuk mengekspos motif tersebut.

"Saya ingin mengekspos bahwa ini Timor Kupang, jadi banggalah dan dilihat secara budaya kalau kesakralan itu ada," tuturnya.

Baca Juga: Pelatih Kepala PSN Ngada, Kletus Gabhe : Perse Ende dan PSN Ngada Adalah Saudara

Motif Adat Timor Kupang yang dikenakan pun terdiri dari Sarung (Bete'), penutup kepala (Pilu) dan juga pernak pernik lainnya yang bermotif lengkap Timor Kupang.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X