PPUAD Provinsi NTT Dorong Penyandang Disabilitas Punya Hak Politik yang Sama pada Pemilu 2024

- Jumat, 23 September 2022 | 16:12 WIB
Ketua DPP PPUAD NTT I Made Astika Dhana pose bersama anggota usai membahas keterlibatan penyandang disabilitas menjelang tahun politik 2024. (Mikael Umbu/Victorynews.id)
Ketua DPP PPUAD NTT I Made Astika Dhana pose bersama anggota usai membahas keterlibatan penyandang disabilitas menjelang tahun politik 2024. (Mikael Umbu/Victorynews.id)

KUPANG, VICTORYNEWS - Pusat Pemilihan Umum Akses Disabilitas (PPUAD) Provinsi NTT mendorong penyandang disabilitas mempunyai hak politik dan akses yang sama menjelang Pemilu 2024 mendatang.

Ketua PPUAD Provinsi NTT Made Astika Dhana mengatakan dorongan ini untuk mencapai tujuan PPUAD guna mewujudkan keadaan yang kondusif bagi penyandang disabilitas pada Pemilu 2024.

"Artinya untuk menjalankan kehidupannya sebagai manusia dan warga negara yang cerdas, mandiri dan produktif tanpa diskriminasi dalam pemenuhan hak politiknya," ujar Made Astika Dhana kepada victorynews.id, Jumat (23/9/2022).

Baca Juga: Megawati Usul Nomor Urut Parpol Tak Diubah, Kader PDIP Andreas Pareira: KPU Harus Pertimbangkan

Menurutnya, menjelang tahun politik 2024 nanti, tidak sedikit orang yang menaruh perhatian pada semua proses yang sangat diharapkan bisa adil merata.

Untuk itu, PPUAD Provinsi NTT berharap agar proses Pemilu nanti di tahun 2024 menjadi tahun politik yang aksebilitas baik itu dari proses pendataan hingga proses pemilihan tidak melupakan teman-teman disabilitas.

"Salah satu hal yang paling penting adalah Tempat Pemungutan Suara (TPS) akses, artinya ruang TPS tersebut dapat diakses oleh semua orang," kata Made.

Baca Juga: Reuni Akbar Alumni Faperta Undana  Mempererat Persaudaraan dan Persatuan

Made menerangkan penyandang disabilitas harus dilibatkan pada semua tahapan pemilu utamanya adalah tahapan kampanye.

"Penyandang disabilitas harus mendapat akses untuk bisa mengikuti kampanye secara baik," terang Made.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

X