Ketua FPRB NTT Ungkap Potensi La Nina Terjadi di Wilayah NTT

- Kamis, 29 September 2022 | 20:02 WIB
Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Provinsi NTT, Norman Riwu Kaho. (victorynews.id/Kekson Salukh).
Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Provinsi NTT, Norman Riwu Kaho. (victorynews.id/Kekson Salukh).

KUPANG, VICTORYNEWS - Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Provinsi NTT, Norman Riwu Kaho mengatakan, BMKG memprediksi La Nina bisa terjadi di wilayah Provinsi NTT pada tahun 2022.

Dampak dari La Nina ini akan menyebabkan curah hujan tinggi dan berisiko meningkatkan peluang terjadinya berbagai bencana hidrometeorologi.

"Tanda-tanda alam sudah menyertai karena beberapa hari terakhir ini sudah terlihat mendung bahkan hujan rintik-rintik," kata Norman dalam Rakor Virtual, Kamis (29/9/2022) siang.

Baca Juga: La Nina Masih Bertahan, Simak 3 Daerah di NTT Masuk Musim Hujan Lebih Awal

Menurut Norman, BMKG telah memprediksi bahwa awal musim hujan di sebagian besar wilayah NTT akan terjadi lebih awal akibat La Nina dan beberapa penyebab lainnya.

"Ini berarti NTT mengalami  La Nina tiga tahun berturut-turut, artinya kita sekarang dalam  fase siaga dan tanggap kebakaran hutan dan lahan, dan dalam waktu dekat kita akan masuk dalam fase siaga dan tanggap cuaca ekstrem," katanya.

Lanjut Norman, kondisi ekosistem pasca seroja di berbagai wilayah di NTT saat ini belum pulih sehingga berpeluang menyebabkan bencana ketika musim hujan tiba.

Baca Juga: Keluarga Brigadir Yosua Minta Proses Hukum Ferdy Sambo Segera Tuntas

"Ini yang perlu kita pahami, dan perlu kita sama-sama suarakan pentingnya kesiapsiagaan pra bencana. Ini musti menjadi hal yang sangat penting, karena paradigma bencana dipandang penting saat terjadi bencana itu masih sangat kuat di lingkungan pemerintah dan masyarakat," cetusnya.

Ia berharap pemerintah, masyarakat, maupun lembaga swasta terus berkolaborasi dalam melaksanakan berbagai terobosan yang menguatkan sistem ketangguhan bencana. ***

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X