Gelombang Rossby Aktif, NTT Alami Hujan Ringan Hingga Sedang

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 16:55 WIB
Genangan air saat hujan. (Pixabay)
Genangan air saat hujan. (Pixabay)

KUPANG, VICTORYNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan kondisi cuaca dari 30 September sampai dengan 6 Oktober 2022 yang mana wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) umumnya mengalami hujan ringan hingga sedang.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi menyebut kondisi ini juga dipengaruhi Gelombang Equatorial Rossby aktif di NTT dan kondisi kelembapan udara dari lapisan atas hingga bawah cukup basah.

"Sehingga berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah NTT," sebut dia dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

Baca Juga: Peringatan BMKG NTT untuk Para Petani, Musim Hujan Datang Lebih Awal

Ia merinci, pada periode 30 September sampai 3 Oktober 2022, untuk cuaca cerah berawan hingga berawan, maupun berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Pulau Timor, Pulau Sumba dan Pulau Flores.

Sedangkan cuaca cerah hingga cerah berawan dan juga yang berpotensi hujan ringan terjadi di wilayah Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Lembata, Pulau Alor dan Pulau Pantar.

Lalu di periode 4 hingga 6 Oktober 2022 dengan cerah berawan hingga berawan dan juga berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Pulau Timor, Pulau Flores, Pulau Alor dan Pulau Pantar.

Baca Juga: Respons Tragedi Maut di Stadion Kanjuruhan, Ini Langkah PSSI

Sedangkan cuaca cerah berawan hingga berawan dan juga berpotensi hujan ringan yaitu di wilayah Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, dan Pulau Lembata.

Suhu udara sendiri berkisar dari 23 hingga 33°C, dengan kelembaban udara berkisar antara 50 sampai 95 persen, arah angin bervariabel dari Timur Laut ke Tenggara dan Barat Daya Barat Laut dengan kecepatan angin 10-30 km/jam.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X