PT PLN UIW NTT dan PT Semen Kupang Kerja Sama Pengelolaan FABA dari PLTU Bolok

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 14:45 WIB
Manager Unit Pelaksana Pembangkitan Timor PT PLN UIW NTT, Aris Kurniawan (kiri) dan Direktur Utama PT Semen Kupang, Ery Susanto Indrawan (kanan). (Dok. PLN NTT)
Manager Unit Pelaksana Pembangkitan Timor PT PLN UIW NTT, Aris Kurniawan (kiri) dan Direktur Utama PT Semen Kupang, Ery Susanto Indrawan (kanan). (Dok. PLN NTT)

KUPANG, VICTORYNEWS - PT Semen Kupang dan PT PLN (Persero) Uni Induk Wilayah (UIW) NTT meneken kerja sama pemanfaatan Fly Ash Bottom Ash (FABA) dari PLTU Bolok sebagai bahan campuran produksi semen setelah PT Semen Kupang beroperasi nanti di Oktober 2022 ini.

Kerja sama dilakukan PT PLN (Persero) UIW NTT ini ditandatangani Manager Unit Pelaksana Pembangkitan Timor, Aris Kurniawan dan Direktur Utama PT Semen Kupang, Ery Susanto Indrawan di PLTU Bolok untuk memanfaatkan 200 sampai 300 ton FABA dari PLN per bulan.

PT PLN (Persero) UIW NTT menyatakan dukungan beroperasinya kembali PT Semen Kupang dan mendukung kebutuhan FABA.

Baca Juga: PLN NTT Beri Tips Kepada Masyarakat Hadapi Cuaca Ekstrem

Aris menyebut produksi FABA sebulan untuk PLTU Bolok dapat mencapai 500 sampai 600 ton perbulan, belum termasuk pembangkit Independent Power Producer (IPP).

"Selama ini FABA kami gunakan untuk kebutuhan internal dan mendukung kegiatan UMKM yang memproduksi batako atau paving dan masih cukup untuk mendukung kebutuhan operasi PT Semen Kupang," jelasnya.

Selain itu Aris juga menambahkan kebutuhan listrik PT Semen Kupang, PLN sangat siap dengan sistem timor daya mampu pembangkit 148 MW dan beban tertinggi saat ini di angka 107 MW.

Baca Juga: Sopir Mabuk, Empat Penunpang Meninggal Dunia, Kapolres Kupang: Ada Botol Sopi Dalam Mobil

"Jadi cadangan daya 41 MW sehingga kami masih surplus 38 persen dari total beban pelanggan sampai dengan oktober 2022. Jadi tidak ada kendala berarti jika PT Semen Kupang membutuhkan suntikan daya yang lebih besar,” imbuh dia.

Kerja sama antara PLN NTT dan PT Semen Kupang dalam memanfaatkan FABA, sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2020 bersama PT Sarana Anak Gemilang (SAG) yang melaksanakan KSO dengan Semen Kupang. Namun sempat tidak beroperasinya Semen Kupang pada Januari tahun 2022.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kantor Imigrasi Kupang Deportasi 6 WNA Asal India

Rabu, 1 Februari 2023 | 16:39 WIB

Rayakan HUT ke-42 Satpam, Begini Pesan Kapolda NTT

Senin, 30 Januari 2023 | 21:11 WIB
X