Mabar Siap Terima Kunjungan Wisatawan

berbagi di:
foto-hal-01-cover-120920-pelabuhan-labuan-bajo-master

Gerasimos Satria

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) memastikan dumia pariwisata Mabar sudah siap menerima kunjungan wisatawan baik asing maupun dalam negeri.

Kepastian itu diberikan berdasarkan hasil pengecekan di seluruh destinasi wisata yang ada di Kabupaten Mabar termasuk penerapkan protokol kesehatan.

Bupati Mabar Edistasius Endi, Kamis (25/3) menyampaikan kebijakan pembukaan pariwisata Mabar yang aman berdasarkan protokol kesehatan bagi wisatawan domestik merupakan upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Mabar.  Apalagi, selama ini ratusan pekerja di industri pariwisata dirumahkan hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Menurutnya, pendapatan industri pariwisata dan pelaku usaha kecil di Kabupaten Mabar selama masa pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 lalu turun dratis. Melihat kondisi ini, Pemkab Mabar bergerak cepat dan berusaha membangkitkan dunia pariwisata secara bertahap

‘Saat ini yang sedang berjalan adalah pembukaan wisatawan nusantara atau domestik ke Labuan Bajo, ujarnya.

Ia mengatakan seluruh destinasi wisata di Kabupaten Mabar siap menerima kunjungan wisatawan. Pariwisata di Mabar selama masa pandemi Covid-19, terus berupaya menata diri, dari keadaan yang sulit hingga menyiapkan diri untuk kembali beroperasi.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Mabar Agustinus Rinus mengatakan kesiapan hotel dan tempat wisata di Mabar untuk menerima kunjungan wisatawan yang sebelumnya sudah diverifikasi standar kesehatanya.Hampir 100 persen hotel dan restaurant di Labuan Bajo telah siap menerapkan protokol kesehatan.

“Seperti misalnya dengan memberikan sertifikasi terhadap pelaku wisata yang telah memenuhi dan mengikuti standar protokol kesehatan berbasis Cleanliness Health, Safety dan environmental  sustainability (CHSE) sekaligus menerapkan sanksi tegas bagi pelaku wisata yang tidak mematuhi protokol kesehatan,”kata Gusti.

Gusti mengimbau wisatawan domestik untuk memilih berwisata  di Mabar. Pihaknya akan meyakinkan wisatawan bahwa pihaknya telah melakukan pelayanan khususnya penerapan  protokol kesehatan.  Kepada para pengusaha yang bergerak dalam bidang perdagangan, restoran, pemilik hotel, angkutan untuk selalu menerapkan protokol kesehata.

Ia menuturkan hampir seluruh destinasi wisata yang ada d manar  telah menerapkan protokol kesehatan. Destinasi favorit Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) dan destinasi wisata di luar TNK misalnya, juga telah dibuka dan siap menerima wisatawan.

“Bisnis pariwisata adalah bisnis kepercayaan. Pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif Manggarai Barat harus menjalankan protokol kesehatan dengan tanggung jawab sehingga mampu membangun kepercayaan dan rasa aman bagi wisatawan,” kata Gusti. (bev/ol)