Malam Puncak API Ditunda ke Bulan Mei

berbagi di:
foto-hal-04-abed-frans-ketua-dpd-asita-ntt

Abed Frans

 

 

 

Ketua Harian Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTT dan Ketua ASITA NTT Abed Frans kepada VN online, Rabu (7/4) mengatakan hasil audiensi tim panitia Provinsi NTT dengan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) menyepakati malam Anugrah Pesona Indonesia (API) yang akan dilaksanakan di Labuan Bajo ditunda ke tanggal 20 Mei 2021.

“Secara keseluruhan tidak berubah hanya tanggalnya. Waktu dan tempat sama. Ini karena dampak bencana di NTT, ” ungkapnya.

Sebelumnya, Abed mengatakan Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT terpilih sebagai tuan rumah Malam API 2020 pada 9 April mendatang.

Menurutnya, ada tiga tempat yang sempat direkomendasikan Gubernur NTT VBL yaitu kota Kupang, Semau, dan Sumba. Namun, sesuai hasil koordinasi bersama maka Labuan Bajo yang dipilih sebagai lokus penyelenggaraan event tahunan itu.

Abed mengatakan Labuan Bajo masih dinilai sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman serta sangat layak untuk menampung tamu yang akan hadir di sana.

“Mengapa pilih labuan Bajo? Ini tentunya sudah melalui pembahasan dengan Pak Gubernur NTT sendiri. Namun, atas koordinasi kami maka disepakati di Labuan Bajo karena malam itu bukan malam promosi lagi tetapi bagaimana pengunjung itu bisa tinggal lama di destinasi itu. Labuan Bajo yang paling layak untuk pengunjung membelanjakan uangnya, dan memiliki kapasitas penampungan yang cukup untuk pengunjung yang baik dan nyaman. Pak Gub sendiri dengan realistis memilih Labuan Bajo sebagai lokus jadi acara tersebut,” ungkapnya.

Sementara Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT Marius Ardu Jelamu mengatakan, pelaksanaan malam API 2020 dilaksanakan pada 9 April 2021 di Hotel Inaya Labuan Bajo.

“Pelaksanaannya dilakukan secara virtual dan yang hadir secara langsung akan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Sekretaris Dinas Pariwisata NTT, Alexander Koroh mengatakan, API sebagai momentum untuk meningkatkan kunjungan pariwisata di NTT, meningkatkan kualitas pariwisata dan mendapatkan sertifikat CHSE.

Pengurus API Pusat Kerjasama Kementerian Pariwisata, Muhammad Syafaat menambahkan, hingga saat ini sudah terdaftar 476 orang tamu yang akan hadir dalam malam API 2020 di Labuan Bajo.

“476 tamu itu dari seluruh Indonesia yang terdiri dari bupati, wali kota dan staf Dinas Pariwisata serta DPRD setempat yang akan siap berkunjung ke Labuan Bajo. Mereka datang dengan biaya sendiri,” tandasnya. (bev/kekson/ol)