Manfaatkan Lahan Tidur untuk Dukung Pariwisata Manggarai Barat

berbagi di:
558-bupati_manggarai_barat_drs_agustinus_ch_dula_foto_istimewa_-718x452

Bupati Manggarai Barat (Mabar) Agustinus Ch. Dula

 

 
Gerasimos Satria

Bupati Manggarai Barat (Mabar) Agustinus Ch. Dula mendorong masyarakat memanfaatkan lahan tidur untuk tanaman pertanian,seperti tanaman holtikultura untuk mendukung pariwisata.

Ia mengatakan petani harus bisa menangkap peluang usaha untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga seiring pertumbuhan pariwisata di Mabar.

Menurutnya, pasokan buah dan sayur untuk hotel dan restoran di Mabar masih diambil dari luar Mabar karena tidak tersedia di Mabar.
“Sejumlah masyarakat sudah mulai usaha tanaman sayur-sayur. Sebagian masyarakat belum mengoptimalkan mengurus usaha tersebut. Kita ingin kedepannya petani di Mabar serius mengurus pertanian untuk peningkatan pendapatan,” ujar Gusti Dula, Rabu (24/4).
Sementara Kepala Bappeda Mabar,Fransiskus Sodo mengatakan pihaknya intens mendorong masyarakat lokal untuk bertani.
pertanian.

Menurutnya, pariwisata dan pertanian tidak dapat dipisahkan,keduanya saling membutuhkan. Sehingga masyarakat Mabar yang tidak bergelut dibidang pariwisata selama ini diharapkan bergerak di bidang pertanian.

Ketua DPRD Mabar,Belasius Jeramun juga mengingatkan Mabar telah ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Artinya, kebutuhan Hotel dan Restoran di Labuan Bajo bisa dipenuhi oleh hasil pertanian masyarakat lokal. Hasil pertanian lokal tersebut yang diusahakan oleh masyarakat lokal di Mabar.

“Tidak boleh kebutuhan hotel dan restoran didatangkan dari luar daerah. Ini tantangan untuk para petani. Petani harus mampu berbuat, harus mampu bersaing jangan sampai petani tidak bisa menikmati perkembangan pariwisata Mabar. Karena itu mari kita sama sama bekerja,” kata Jeramun.(bev/ol)