Maret Ini, Atlet PON NTT akan Divaksin

berbagi di:
img-20210301-wa0021

 

 

 

Sinta Tapobali

PARA atlet yang saat ini tengah fokus dalam persiapan Pekan Olaraga Nasional (PON) XX di Papua mendatang dijadwalkan akan menjalani vaksin covid-19 pada Bulan Maret ini.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit  (P2P) Menular, Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Erlina R. Salmun saat di konfirmasi VN pada Senin (01/03) sore.

Menurut Erlina, pemerintah saat ini juga sedang fokus untuk memprioritaskan para atlet yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional di Papua mendatang untuk juga mendapatkan vaksin covid-19.

Untuk kepastian tanggalnya tidak disampaikan namun yang pasti pemberian vaksin kepada para atlet akan diberikan dalam bulan Maret ini dan akan langsung diberikan di daerah-daerah tempat para atlet saat ini sedang berlatih.

“Langsung ke daerah di mana para atlet itu ada. Nanti mereka datang bawa KTP dan kita akan input ke dalam sistem, jadi kita akan tahu apakah dia sudah terdata atau belum,” jelas Erlina.

Terkait pemberian vaksin kepada Atlet PON, Kepala Dispora NTT, Hilda Bria Seran yang coba di konfirmasi VN via telepon dan pesan WA, hingga saat ini belum memberikan respons.

Sedangkan Sekretaris IPSI NTT, Dominggus D. Haga yang turut dikonfirmasi VN terkait dengan vaksin, menjawab bahwa hingga saat ini pihak IPSI NTT belum menerima informasi tersebut.

“Belum ada informasi,” jawab Dominggus singkat.

Menanggapi pemberian vaksin kepada para atlet PON, Sekretaris Komisi V, DPRD NTT, Yohanes Rumat, ketika dikonfirmasi VN mengatakan bahwa hingga saat ini, mereka belum mendapatkan konfirmasi kepastian apakah para atlet PON NTT juga akan menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin covid-19 atau tidak.

Namun ia berharap sebagai Duta olahraga atau utusan provinsi NTT seharusnya mereka juga menjadi prioritas. Hal ini penting dilakukan agar daerah penerima atau tuan rumah penyelenggaraan PON tidak lagi disibukkan soal keamanan dari ancaman covid-19 terhadap para peserta maupun pendamping.

Dengan pemberian vaksin covid ini juga bisa memberikan jaminan kepada para atlet sehingga mereka bisa berlatih dan tampil maksimal tanpa adanya rasa takut akan terpapar Covid-19. (Yan/ol)