Masyarakat Mabar diminta Patuhi Protokol Kesehatan di Masa New Normal

berbagi di:
img-20200707-wa0009

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Yohanes Johan. Foto: Gerasimos/VN

 

 

 

Gerasimos Satria

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Barat (Mabar) mengajak masyarakat untuk semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dalam rangka menuju tatanan kenormalan baru atau New Normal.

“Saat ini masih ada 7 pasien kita di Manggarai Barat yang masih berstatus positif Covid-19. Kita minta masyarakat mendukung tugas pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Manggarai Barat,” ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan Manggarai Barat Yohanes Johan kepada VN, Selasa (7/7) siang.

Yohanes mengatakan selama ini Kabupaten Mabar menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam penanganan Covid-19 karena jumlah kasus positif yang tinggi yakni mencapai 17 pasien positif, meski sebanyak 10 pasien saat ini telah dinyatakan negatif.

Ia berharap masyarakat Mabar semakin meningkatkan kewaspadaannya sehingga dari penularan Covid-19 bisa diredam.

Ia mengaku, saat ini Pemkab Mabar sedang mengupayakan agara perekonomian masyarakat kembali berjalan normal dengan syarat tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Menurutnya, mitigasi penanganan Covid-19 akan berjalan optimal apabila ada upaya bersama masyarakat untuk disiplin, seperti menggunakan masker.

Untuk mengatasi transmisi lokal tidak terjadi secara massif, Yohanes menegaskan seluruh masyarakat di Mabar wajib mengenakan masker, terutama ketika melakukan aktivitas di luar rumah.

Yohanes berharap masyarakat tidak salah kaprah dalam memahani istilah new normal. Masyarakat tetap perlu membatasi aktivitas dan menghindari kerumunan.

“Tidak ada alasan lagi untuk tidak memakai masker. Kami minta seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu menguatkan disiplin kita semua dalam penerapan protokol pencegahan Covid-19,” tegasnya. (bev/ol)