Menyosong World Tourism Day, HMJ Pariwisata Gelar KPPNK II

berbagi di:
img-20190923-wa0049

 

 

Simon Selly

Setelah sukses menyelenggarakan event Kompetisi Pariwisata Politeknik Negeri Kupang I (KPPNK I) tahun 2018, Himpunan mahasiswa Jurusan (HMJ) Pariwisata  PNK kembali menggelar event KPPNK II tahun 2019.

Ketua HMJ Pariwisata PNK, Adiyanto Malailak kepada VN, Senin, (23/9) usai acara pembukaan KPPNK II menjelaskan, KPPNK II adalah event lanjutan dari KPPNK I yang di gelar HMJ Pariwisata PNK untuk menyongsong Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day), Senin (23/9).

Menurut Malailak, KPPNK adalah kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa yang dirintis HMJ Pariwisata sejak tahun 2018. KPPNK digelar untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa maupun pelajar di bidang pariwisata.

“Tahun lalu event ini digelar perdana HMJ Pariwisata PNK dan mendapat apresiasi dari Direktur PNK. Sebagai bentuk apresiasinya, Direktur PNK berjanji untuk membiayai KPPNK II dan menjadikan KPPNK sebagai event tahunan yang digelar HMJ Pariwisata makanya kami kembali menggelar event yang sudah menjadi warisan para senior badan pengurus HMJ Pariwisata.” ungkapnya.

Selain itu, kata Malailaik, KPPNK di gelar untuk memeriahkan perayaan hari pariwisata dunia setiap tanggal 27 September. Tahun ini KPPNK II menggangkat  tema Tourism and Jobs: A Better Future For All sesuai tema yang ditentukan United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Malailak mengapresiasi Direktur PNK yang telah mengalokasikan dana untuk kegiatan KPPN serta Ketua Jurusan Pariwisata PNK bersama jajarannya yang telah membantu menyukseskan kegiatan tersebut.

Ketua Panitia Pelaksana, Risty Paulus menjelaskan, event KPPNK II sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah provinsi NTT untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai prime mover ekonomi masyarakat.

“Sukses atau tidaknya pembangunan Pariwisata di NTT sebagaimana yang dicita-citakan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat tidak terlepas dari dukungan SDM masyarakat, untuk itu tujuan event ini adalah memberikan edukasi kepada pemuda-pemudi NTT tentang ilmu pariwisata dan pentingnya pembangunan Pariwisata NTT,” jelasnya.

KPPNK II, kata Risty, akan berlangsung satu minggu dengan berbagai kegiatan perlombaan seperti Plating Dessert, Tray On The Road, Table Set Up, foto destination, Tourism Movie, Cerdas Cermat Pariwisata, Travell Writing, Traditional Custom, jalan sehat dan puncaknya adalah kuliah umum pariwisata bersama Profesor Daniel Kameo.

Risty mengucapkan terimakasih kepada lembaga PNK yang sudah bersedia membiayai seluruh kegiatan KPPNK II. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada peserta lomba dan panitia yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Risty berharap kegiatan itu dapat membuka wawasan mahasiswa dan pelajar di bidang pariwisata.

Ia berharap kerjasama seluruh civitas akademika jurusan Pariwisata PNK untuk  menyukseskan KPPNK II.

Sementara Staf Ahli Gubernur NTT bidang Pariwisata dan Ekonomi Prof Daniel Kameo mengaku siap hadir menjadi narasumber dalam kuliah umum tersebut.

Ketua Jurusan Pariwisata PNK, Sari Bandaso Tandilino mengatakan, setelah mendapatkan dukungan dari Direktur PNK, KPPNK dijadikan event tahunan dan menjadi ciri khas jurusan pariwisata PNK.

Tandilino berpesan, dalam kompetisi  pasti ada yang menang dan ada juga yang kalah tetapi harus dimaknai dengan kebersamaan demi pembangunan pariwisata Indonesia.

“KPPNK ini memiliki tujuan untuk mengasah ketrampilan dan keahlian mahasiswa Pariwisata PNK maupun siswa-siswi SMA/SMK se-kota Kupang di bidang pariwisata,” tandasnya.

Tandilino menambahkan, kegiatan KPPNK yang di gelar HMJ Pariwisata PNK ternyata menarik perhatian Direktur PNK.  Direktur PNK dalam rapat pimpinan kampus beberapa waktu lalu sudah menginstruksikan kepada seluruh ketua jurusan di lingkungan PNK untuk mengadakan event seperti event yang di gelar HMJ Pariwisata.

“Tahun 2018, Ketua HMJ Pariwisata Kekson Salukh merintis event ini dan puji Tuhan mendapat perhatian dari pimpinan Lembaga PNK sehingga tahun ini semua anggaran di tanggung oleh kampus. Ibu Direktur selalu bilang Event ini menjadi contoh bagi jurusan lain. ” ungkapnya.

“Kuncinya adalah kerjasama seluruh pihak untuk membangun Pariwisata di NTT. Kita berharap melahirkan generasi muda yang berprestasi di bidang Pariwisata yang nantinya mewakili kampus maupun provinsi NTT di event nasional. Mari kita bergandengan tangan untuk menyuksesakan event ini,” tegas Direktur PNK Nonce Farida Tuati yang di wakili Pudir I Aloysius Leki sesaat sebelum membuka kegiatan. (bev/ol)