MIND ID Sumbang 2000 Paket Bantuan untuk Korban Banjir Bandang di Sumba Timur

berbagi di:
img-20210408-wa0066

 

Tim MIND ID pose bersama dengan warga masyarakat korban banjir bandang di depan GKS Kandara, Kamis (8/4).

 

 

 

Jumal Hauteas

 

 
Mining Industri Indonesia (MIND ID) menyumbang 2000 paket bantuan bari warga terdampak bencana banjir bandang akibat Siklon Tropis Seroja di wilayah Kabupaten Sumba Timur, Provinsi NTT.
Penyaluran paket bantuan dilakukan tim MIND ID bekerjasama dengan Gereja Kristen Sumba (GKS) dan Kodim 1601/Sumba Timur.
Pantauan VN, distribusi paket bantuan ini sudah dilakukan selama dua hari sejak Rabu (7/4) didistribusikan bagi masyarakat korban banjir di Desa Wulla Waijelu hingga Kamis (8/4) di wilayah Kelurahan Prailiu, Kambaniru, dan Keluraham Mau Hau Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur.
Paket bantuan berisi lima kilogram beras, satu kilogram gula pasir dan satu liter minyak goreng. Paket bantuan khusus untuk korban bencana di Kecamatan Kambera didistribusikan dengan helikopter karena putusnya akses jalan ke lokasi tersebut.

Personal Instructure Controlling (PIC) MIND ID, Jeliflvanses Imelda Lobo, kepada VN di sela-sela pembagian paket bantuan menjelaskan, bantuan ini diberikan langsung kepada masyarakat korban bencana banjir bandang agar bisa membantu masyarakat yang baru saja kembali ke rumah untuk membersihkan endapan lumpur sisa banjir.
“Teman-teman MIND ID ini mempertanyakan kami untuk menyalurkan bantuan ini langsung kepada masyarakat, sehingga selain di posko-posko yang terkoordinir, kami juga langsung bagikan secara rumah ke rumah,” jelasnya.
MIND ID sendiri merupakan kumpulan dari sejumlah perusahaan BUMN di Indonesia yakni PT Aneka Tambang, Inalum, PT. Freeport Indonesia, Bukit Asam, PT Timah. “Saya baru dikontak Selasa (6/4) dan Rabu (7/4) kita sudah mulai distribusi bantuannya karena mereka (MIND ID) tidak mau masyarakat menderita pasca-bencana banjir,” urainya.
Warga Kelurahan Mauliru, Kecamatan Kambera, kepada VN Kamis (8/4), berterima kasih kepada tim MIND ID yang menjadi tim pertama yang membagikan paket bahan makanan bagi dirinya dan warga Mauliru lainnya. Karena dalam beberapa hari awal banjir, mereka mendapatkan bantuan paket makanan dari sejumlah pihak termasuk GKS Payeti maupun GKS Manubara. Karena itu diharapkannya pemerintah Kabupaten Sumba Timur melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial bisa melakukan pendataan secara lebih cepat dan juga dapat memberikan bantuan kepada masyarakat korban banjir.

“Kalau bantuan dari luar pemerintah begini pasti tidak semua dapat, jadi kami harapkan pemerintah bisa lebih cepat dalam penanganan,” ungkapnya.(Yan/ol)

 

 

 

Daftar Distribusi Bantuan dari MIND ID di Kabupaten Sumba Timur Provinsi NTT:

 

 

Wulla Waijelu = 400 paket
Kiritana = 150 paket
Mauliru = 150 paket
Kambaniru = 150 paket
Kadumbul = 150 paket
Kawangu = 300 paket
Kandara = 300 paket
Umalulu = 200 paket
Mangili = 200 paket
Total = 2000 paket
Sumber: MIND ID, 2021