Mr X Dimakamkan di TPU Damai

berbagi di:
ilustrasi jenazah

 

 

Maykel Umbu

Jenazah pria tanpa identitas alias Mr X yang berada di ruangan Instalasi Pemulasaran Jenazah (IPJ) RSUD Yohannes, Kupang, Nusa Tenggara Timur dimakamkan di TPU Damai Fatukoa, Kelurahan Maulafa, Kota Kupang, Selasa (10/9).

Kapolsek Kupang Barat Ipda Sadikin, Selasa (10/9) siang saat dikonfirmasi VN jenazah yang ditemukan mengapung di perairan Pantai Batubau, Desa Tesabela, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang dimakamkan karena hingga hari ketiga, belum ada keluarga yang datang dan mengambil jasad tersebut. Sesuai standar operasi prosedur di RSUD Yohannes, Kupang, lebih dari tiga hari maka mayat sudah harus dikebumikan.

Kapolsek Sadikin, menjelaskan, sekitar pukul 10.00 Wita jenazah pria tanpa identitas itu diserahkan pihak RSUD Yohannes, Kupang ke kepolisian dan Dinas Sosial Kota Kupang kemudian dilakukan pemakaman di TPU Damai, Fatukoa, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang.

Jasad yang ditemukan pada Sabtu (7/9) pagi tersebut disimpan dalam frezer di ruang jenazah RSUD Yohannes Kupang selama tiga hari. Polsek Kupang Barat sudah menyebarkan informasi melalui media sosial dan media massa terkait keberadaan Mr X tersebut. Korban diduga bukan warga Kecamatan Kupang Barat.

Hingga saat ini belum ada pihak keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarga nya. Polisi sudah menginformasikan ke masyarakat jika ada yang kehilangan keluarga bisa melaporkan atau mendatangi ruang jenasah untuk melihat mayat tersebut.

Polisi hanya memeriksa saksi-saksi dan mengumpulkan keterangan lain. Saat ditemukan, mayat yang sama sekali tidak memiliki identitas itu, menggunakan celana jeans pendek warna biru, tidak menggunakan baju dan dalam keadaan terlentang dan terapung diatas permukaan air laut.

Kondisi mayat sudah rusak dan membusuk. Kulit mayat sudah menghitam dan bola mata sudah rusak. Mayat tanpa identitas itu pertama
kali ditemukan tiga orang nelayan yang baru kembali memancing.

Abraham Raden Hadipurnomo (40) seorang nelayan yang juga warga Rt 04/RW 02 Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang bersama 2 rekannya yang lain Daniel Ho’an (42) warga Dusun III Desa Tablolong Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang dan Arnoldus Todesolo (62) warga RT 009/RW 003 Kelurahan Nefonaek, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang pulang dari memancing menggunakan perahu motor. (mg-21/R-2)