Mulai Besok Pemkab Lakukan Rapid Antibody Massal

berbagi di:
img-20210126-wa0001

Jonas M Selly, Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19

 

 

 

Frangky Johannis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao mulai Rabu (27/1) akan melaksanakan rapid antibody test secara gratis kepada seluruh masyarakat, termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan TNI/Polri.

Demikian disampaikan Sekda Rote Ndao Jonas M Selly, selaku Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan Covid-19, di ruang kerjanya, Selasa (26/1).

Dikatakan Jonas, rapid test massal tersebut dilaksanakan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga, seluruh ASN diwajibkan untuk melaksanakan test sesuai jadwal yang ditetapkan, dimulai Rabu (27/1) hingga Senin (8/2) mendatang.

Ia merinci, Rabu (27/1) dilaksanakan untuk Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan, Bagian Pemerintahan dan Kesra, serta Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan. Kamis (28/1) Organisasi, Bagian Hukum, dan Bagian Umum. Jumat (29/1) Badan Keuangan dan Aset, Sat Pol PP, dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa. Sabtu (30/1) Dewan Pengurus Korpri, Kantor Kesbangpol, dan Dinas Pendapatan. Senin (1/2) Inspektorat, Dinas P3AP2KB, dan Dinas PKO. Selasa (2/2) Dukcapil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, serta Dinas Koperasi, uKM, Perindustrian dan Perdagangan. Rabu (3/2) Dinas Transnaker, Infokom, dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup. Kamis (4/2) DDinas PUPR, Perhubungan, dan Dinas Ketahanan Pangan. Jumat (5/2) Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perikanan. Sabtu (6/2) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Bapelitbang, dan BPBD. Senin (8/2) Sekretariat DPRD dan Dinas Kesehatan.

“Seluruh ASN diwajibkan untuk mengikuti rapid test yang akan dilaksanakan. Sehingga, pimpinan OPD memerintahkan ASN di lingkup masing-masing untuk menaati pemberitahuan ini,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao drg Suardi menambahkan, untuk kegiatan di maksud, telah dibentuk tiga tim untuk melayani pemeriksaan ASN sejak 27 Januari hingga 8 Februari mendatang.

Suardi menambahkan, pelaksanaan rapid test bagi ASN tersebut, berjalan bersamaan dengan rapid test bagi masyarakat luas dilaksanakan di Puskesmas-masing-masing.

“Pelaksanaan rapid test untuk masyarakat juga berbarengan dilaksanakan, dengan jadwal yang disusun sendiri oleh puskesmas-puskemas,” ujarnya. (bev/ol)