NasDem Buka Pendaftaran Balon Bupati-Wakil Bupati

berbagi di:
img-20190930-wa0107
Jumal Hauteas
Partai NasDem membuka pendaftara bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di 8 kabupaten di NTT, 1-5 Oktober mendatang.
Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai NasDem Sumba Timur, Umbu Kudu Praibakul kepada VN di sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Sumba Timur, Senin (30/9) mengatakan pendaftaran akan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen pencalonan atau verifikasi oleh panitia pendaftaran di DPD Partai NasDem Sumba Timur. Hasilnya akan dilaporkan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).
“Setelah daftar, kita undang para balon untuk menyampaikan visi-misi dan komitmen mereka terhadap pembangunan daerah dan partai NasDem yang dijadwalkan tanggal 24-31 Oktober, baru hasilnya kita bawa ke DPW untuk diplenokan bersama yang jadwalnya tanggal 5 November mendatang, untuk dilanjutkan ke DPP tanggal 6-8 November,” jelas Umbu Kudu.
Beberapa syarat yang harus dibawa saat mendaftar yakni pernyataan kesediaan untuk menjadi balon bupati atau wakil bupati dalam proses ini, dan tidak mengundurkan diri dalam tahapan proses, kemudian kesediaan menandatangani pakta integritas, daftar riwayat hidup, visi-misi dan pas foto ukuran 4×6 sebanyak dua lembar.
Sekretaris DPD Partai NasDem Sumba Timur, Samuel Muama menambahkan untuk sementara sudah ada tiga balon yang mengambil formulir pendaftaran di sekretariat DPD Partai NasDem Sumba Timur. Namun belum diketahui apakah ketiganya akan mendaftar sebagai balon bupati atau balon wakil bupati. “Sudah ada tiga orang yang mengambil formulir pendaftaran yakni Bobi Wijaya, Ipin Ringu dan dr. Matius Kitu. Jadi kita akan tunggu mulai besok (hari ini, Red) sampai dengan tanggal 5 Oktober, ketiganya akan mendaftar sebagai balon bupati atau balon wakil bupati,” jelasnya.
“Kita sudah jalin komunikasi dengan sejumlah Parpol yakni PDIP, PKB, Hanura, PKPI, dan Partai Demokrat. Karena kita hanya punya empat kursi di DPRD Kabupaten Sumba Timur, sedangkan syarat minimal pencalonan harus enam kursi. Jadi kita pasti akan koalisi untuk bisa mengusung pasangan calon dalam Pemilukada serentak 2020 mendatang,” tandasnya.
Sementara Sekretaris DPW Partai NasDem Provinsi NTT, Alexander Take Ofong sebelumnya menjelaskan pendaftaran balon bupati-wakil bupati untuk menyongsong Pemilukada serentak 2020, hanya dibuka di enam kabupaten dari sembilan kabupaten yang akan menyelenggarakan Pemilukada serentak tahun 2020 mendatang yakni Kabupaten Malaka, TTU, Manggarai, Sabu Raijua, Sumba Barat dan Sumba Timur. Sedangkan tiga kabupaten lainnya yakni Kabupaten Belu, Manggarai Barat dan Ngada, sudah ada bapak pasangan calon yang ditetapkan dan akan diusung Partai NasDem.
“Kabupaten Belu NasDem sudah putuskan mengusung bakal pasangan calon dr. Agustinus Taolin dan Dr. Antonius Bele, Kabupaten Ngada, Helmut Waso dan Kornelis Soi, dan untuk Kabupaten Manggarai Barat mengusung bakal pasangan calon Edistasius Endi dan dr. Yulianus Weng,” tandasnya.(bev/ol)