NasDem Tetapkan Bacabu-Bacawabup untuk Tiga Kabupaten di NTT

berbagi di:
Alex Ofong

 
Partai Nasional Demokrat (NasDem) telah menetapkan pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk tiga dari sembilan kabupaten yang melaksanakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Pasangan calon untuk tiga dari sembilan kabupaten yang menggelar Pilkada 2020 sudah ditetapkan. Enam lainnya masih dalam tahapan pendaftaran,” kata Sekretaris DPW Partai NasDem NTT, Alex Ofong, Jumat (4/10).
Pada tahun 2020, akan dilaksanakan pilkada serentak pada sembilan kabupaten di provinsi berbasis kepulauan ini, yakni Kabupaten Belu, Malaka, Timor Tengah Utara (TTU), Sabu Raijua, Manggarai Barat, Manggarai, Ngada, Sumba Barat, dan Sumba Timur.

Menurutnya, tiga pasangan calon yang akan diusung NasDem dalam Pilkada 2020 itu adalah pasangan Agustinus Taolin-Antonius Bele untuk Pilkada Belu, pasangan Helmut Waso-Kornelis Soi untuk Pilkada Ngada dan pasangan Edistasius Endi-Yulianus Weng untuk Pilkada Manggarai Barat.

NasDem memberikan prioritas pada kader partai dan kader nonpartai yang bersedia bergabung dengan NasDem untuk diusung dalam Pilkada.

“NasDem memperhatikan beberapa persyaratan penting dalam menentukan figur, yaitu popularitas, kesukaan, akseptabilitas dan elektabilitas,” kata Alex Ofong.

Sebelumnya, ia mengatakan, NasDem NTT sudah membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati untuk diusung dalam Pilkada serentak 2020, pada enam dari sembilan kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada 2020.

“Kami sudah membuka pendaftaran tapi hanya untuk enam kabupaten. Tiga kabupaten lainnya langsung ditetapkan,” kata dia.

Enam kabupaten itu adalah Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat, Malaka, Timor Tengah Utara, Sabu Raijua, dan Kabupaten Manggarai. Pembukaan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang dimulai pada 1 Oktober akan berakhir pada 5 Oktober.

“Jadi hanya lima hari saja kami buka pendaftaran untuk mereka yang mau menggunakan Nasdem untuk maju dalam Pilkada,” kata mantan Wakil Ketua DPRD NTT dari Partai Nasdem ini.

Dia berharap, semua calon yang melamar ke Partai Nasdem sudah mempersiapkan diri jauh hari sebelumnya, untuk mengikuti tahapan lanjutan di internal partai.

Ketua DPW NasDem NTT, Raymundus Sau Fernandes sebelumnya mengemukakan bahwa pihaknya akan mengandalkan hasil survei dalam menentukan calon kepala daerah yang akan diusung dalam Pilkada 2020.

“Kami tentu akan mengandalkan pada hasil survei,” kata Raymundus.

Ia mengatakan, pihaknya akan melakukan survei internal dengan menentukan lembaga atau pihak yang dianggap memiliki kredibilitas dan bisa dipercaya untuk melakukan survei.

Survei ini, lanjutnya, tidak hanya terhadap kader-kader partai namun juga orang-orang di luar partai yang memiliki popularitas dan dipercaya masyarakat. (anc/D-1)