Tiga Rumah di Sikka Hanyut Diterjang Banjir ROB

- Sabtu, 29 Mei 2021 | 10:00 WIB
Rumah warga Wuring, RT 46, RW 09, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Jumat (28/5), hanyut terbawa arus. Foto: Yunus vn
Rumah warga Wuring, RT 46, RW 09, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Jumat (28/5), hanyut terbawa arus. Foto: Yunus vn

Yunus Atabara

BANJIR Rob melanda wilayah bagian Utara Kabupaten Sikka, Jumat (28/5) siang. Merendam pemukiman warga, dan fasilitas umum lainnya.

Ketua RT 46, RW 09, Kelurahan Wolomarang, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten Sikka, Ayu Lestari (38) kepada VN mengatakan, banjir Rob yang disertai angin terjadi hampir bersamaan dengan waktu sholat Jumat di Wuring.

Akibatnya ratusan rumah terendam banjir Rob di Wuring. Di antaranya 20 rumah rusak ringan dan 3 rumah lainnya rusak berat dan hanyut terbawa gelombang pasang.

"Banjir Rob terjadi sekitar pukul 11.00 Wita saat sholat Jumat berlangsung. Ratusan rumah terendam, 20 rumah rusak ringan dan 3 lainnya rusak berat dan hanyut," kata Lestari.

Pantauan VN di Kampung Baru Wuring, Kelurahan Wolomarang, ratusan warga berhamburan keluar rumah sambil menyelamatkan barang berharga milik mereka ke tempat yang lebih aman.

Akibat banjir Rob, selain merendam rumah warga, juga membawa tumpukan sampah plastik di pemukiman warga. Selain itu, jalan rabat di wilayah itu tergerus ombak dan dipenuhi sampah plastik.

Sejumlah aparat seperti Anggota TNI, Basarnas, Tagana, Dinas Sosial, BPBD, aparat pemerintah kecamatan, kelurahan dan anggota DPRD Sikka dari PKS hadir di tengah masyarakat korban banjir Rob.

-
Sejumlah warga Wolomarang menyelamatkan diri dan barang setelah dilanda banjir ROB, kemarin. Foto: Yunus vn

Peristiwa yang sama terjadi di Kampung Buton, Kelurahan Kota Uneng, di Waipare, Desa Watumilok, Nangahaledoi, Desa Waiara, Nanghale, Desa Nangahale, Pagaramang, Desa Lewomada, Kojadoi dan Kojagete, Desa Kojadoi dan Parumaan di desa Parumaan.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

HEBAT! Dua Bocah SD Berhasil Gagalkan Aksi Jambret HP

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:15 WIB
X