Atasi Sampah, Pemkab Mabar Perbanyak Tong Sampah

- Selasa, 29 Juni 2021 | 14:19 WIB
Pasukan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Manggarai Barat saat membersihkan sampah, di Labuan Bajo , Manggarai Barat, NTT
Pasukan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Manggarai Barat saat membersihkan sampah, di Labuan Bajo , Manggarai Barat, NTT

Gerasimos Satria 

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Pemkab Mabar) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) terus berupaya mengurangi timbunan sampah di Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, salah satunya dengan memperbanyak Tong sampah.

Plt Kepala DLHK Kabupaten Mabar,Bona Ardin,Selasa (29/6) menyampaikan untuk mengatasi masalah sampah di dalam kota Labuan Bajo, DLHK akan memperbanyak tong sampah.Tempat penampung sampah akan ditempatkan pada sejumlah titik di dalam kota Labuan Bajo.Seperti di Pelabuhan Labuan Bajo,Pasar Batu Cermin dan pusat pemukiman penduduk.

DLHK dalam waktu dekat akan menempatkan 7 unit Bak sampah di dalam kota Labuan Bajo yang berkapasitan 8 meter kubik.Dengan penempatan 2 unit di Pasar Rakyat Batu Cermin, 1 unit di Pelabuhan Syahbandar, 1 unit Pelabuhan ASDP, 1 Unit di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Ujung, 1 Unit di Pasar Baru dan 1 unit rencananya ditempatkan di dekat Kantor Desa Gorontalo,Kecamatan Komodo.

DLHK Kabupaten Manggarai Barat berkomitmen untuk mewujudkan Labuan Bajo yang merupakan daerah destinasi super prioritas menjadi kota yang bersih dan indah.Dirinya mendorong masyarakat Labuan Bajo untuk bersama Pemkab Manggarai Barat mewujudkan Labuan Bajo kota yang bersih dengan membuang sampah pada tempatnya.

Bona Ardin merincikan total truk pengangkut sampah saat ini sebanyak 19 unit.Dengan rincian Dump Truck 15 Unit dan Truck Armroll 4 Unit termasuk satu Dump Truck  yang ditempatkan di Kecamatan Lembor. Selain itu motor Tiga Roda pengangkut sampah sebanyak 21 unit.

-


"Total tempat sampah dalam Kota Labuan Bajo  sebanyak 279 buah, termasuk tempat sampah yang di jalur premium.Rencananya setiap tahun kita akan memperbanyak Bak sampah untuk ditempatkan dalam kota Labuan Bajo,"tutur dia.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat,Edistasius Endi mendorong DLHK Kabupaten Manggarai Barat untuk serius mengatasi masalah sampah di Labuan Bajo.Dirinya menginginkan agar tidak ada lagi tumpukan sampah di Labuan Bajo.Pasalnya, Labuan Bajo sebagai salah satu kota tujuan wisata harus bebas dari masalah sampah.

"Harapannya agar sampah di Labuan Bajo dapat tertangani secara optimal sehingga destinasi wisata dapat senantiasa bersih dan membuat wisatawan betah saat berkunjung ke Labuan Bajo" tutur Edi Endi.
(Yan/ol)

 

Editor: Administrator

Terkini

DPRD Malaka Sudah Laporkan LHKPN Tahun 2021

Senin, 17 Januari 2022 | 21:42 WIB

Kapolda NTT Perintahkan Anak Buahnya Koreksi Diri

Senin, 17 Januari 2022 | 13:21 WIB

Jadwal Tahapan Pilkada 2024 masih Kabur

Senin, 17 Januari 2022 | 09:06 WIB

Politik Bukan Hal Tabu bagi Perempuan

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:15 WIB

DPRD Minta KPUD Hitung Ulang Anggaran Pilgub NTT

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:30 WIB

Anggaran Pilgub NTT Rp798 Miliar, Ini Rinciannya

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:36 WIB

Fantastis, Dana Pilgub NTT Capai Rp486 Miliar

Kamis, 13 Januari 2022 | 15:36 WIB

BPK Serahkan LHP Kepada Pemprov NTT

Rabu, 12 Januari 2022 | 19:49 WIB
X