Plt Sekda Sebut Realisasi DAK SBD sudah 70 Persen

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 16:42 WIB
Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya, Fransiskus M. Adilalo
Plt Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya, Fransiskus M. Adilalo

Frengky Keban

 

Plt. Sekda SBD, Fransiskus M. Adilalo menyebut bahwa semenjak dirinya ditunjuk menjadi Plt Sekda SBD pada tanggal 5 Agustus lalu, dirinya telah melakukan sejumlah pekerjaan salah satunya dengan melakukan evaluasi anggaran dan mendampingi asistensi anggaran. Hasilnya dalam beberapa hari terakhir realisasi Dana Alokasi Khusus (DAK) di SBD, Provinsi NTT telah mencapai 70 persen dari 16 persen per Agustus kemarin.

Demikian disampaikan Fransiskus M. Adilalo kepada wartawan, Jumat (13/8) siang.

"Realisasi di awal agustus hanya 16 tapi sekarang sudah 70 persen per hari ini. Setelah kita mengejar ketertinggalan ada perubahan. Memang ada satu dinas yaitu Dinas Kesehatan yang belum karena ada alasan teknis yang tidak bisa sampaikan kepada rekan-rekan pers,"katanya.

Sedangkan dinas lain dengan anggaran besar seperti PU sudah final untuk direview. Sementara untuk dinas Pendidikan, semula DAK yang diajukan ke inspektorat baru 40 persen sekarang pun sudah final. Laporan realisasinya sendiri baru ia peroleh petang kemarin dari dinas keuangan dan inspektorat.

"Untuk dinas kesehatan tadi saya sudah panggil kabidnya untuk meminta penjelasan keterlambatan tersebut dimana realisasi dana DAK yang harusnya jatuh tempo pada 20 agustus, minimal sebelum tanggal itu semua itu sudah harus terealisasi 100 persen,"katanya.

Tidak hanya DAK, upaya yang sama pun ia lakukan pada Dana Alokasi Umum (DAU) dimana dirinya telah bertemu dengan kabag pembangunan untuk mendapatkan informasi soal realisasi DAU. Hasilnya, sebut Frans lagi, sampai sekarang kabag pembangunan masih menyiapkan laporan di semester I.

"Paling siang sebentar hasilnya keluar baru kami akan lakukan rapat lagi evaluasi dana DAU semester 1 untuk mengejar ketertinggalan yang ada. Kita berharap di semester II di bulan desember realisasi dana itu bisa mencapai target dan optimal. Sehingga pelayanan publik di SBD bisa memenuhi harapan kita semua. Dan semua hal yang saya sebutkan ini saya laporkan semua kepada Bupati SBD untuk diketahui,"katanya. (Yan/ol)

 

Editor: Administrator

Terkini

HEBAT! Dua Bocah SD Berhasil Gagalkan Aksi Jambret HP

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:15 WIB
X