13.000 Ekor Bibit Ayam Dikarantina untuk Diekspor ke Timor Leste

- Senin, 23 Agustus 2021 | 17:54 WIB
Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang
Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang

Maykal Umbu



Sebanyak 13.000 ekor Day Old Chicken atau bibit ayam, dikarantina oleh Balai Karantina Pertanian Kelas Insecta Kupang melalui pejabat Karantina Pertanian Kupang. Tindakan karantina sebanyak 130 boks yang akan diekspor ke wilayah Timor Leste.


Dokter Hewan Karantina Kupang Evi Deaviani mengatakan, tindakan karantina hewan dilakukan di Instalasi Karantina Hewan Sementara (IKHS) milik.


"Dalam karantina tersebut seluruh DOC dilakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan kesesuaian jumlah komoditas yang hendak dikirim, pengawasan muat ke dalam truk serta pemeriksaan kelayakan alat angkut," Katanya melalui situs Resmi Balai Karantina Pertanian Kelas Insecta Kupang, Senin 23 April 2021.


Menurutnya, sebelum diekspor seluruh komoditas telah periksa dan dinyatakan sehat. Demikian juga alat angkut pun telah diperiksa blower dalam keadaan baik dan telah diberi stiker karantina di setiap boks maupun alat angkut.


"Setelah dinyatakan sehat selanjutnya akan kami terbitkan Sertifikat Kesehatan Hewan atau Animal Health Certificate (KH-11) sebagai syarat masuk di Timor Leste," Jelasnya.


Sementara itu, Yulius Umbu Hunggar selaku Kepala Karantina Pertanian Kupang mengatakan, pengiriman DOC ini rutin dikirimkan dari Indonesia ke Timor Leste.


Ia berharap, ke depannya nanti komoditas yang akan diekspor ke luar negeri menjadi bertambah dan dapat ditingkatkan. (Yan/ol)


Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Menpan RB Tjahjo Kumolo Masuk Rumah Sakit

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:26 WIB

Artis Senior Rima Melati Tutup Usia

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:29 WIB
X