DPRD Rote Ndao Gelar Sidang Penetapan Perda APBD Perubahan di Kupang

- Sabtu, 20 November 2021 | 15:25 WIB
Suasana Penutupan Masa Sidang III DPRD Kabupaten Rote Ndao, yang dilaksanakan di Palapa Room, kantor Dinas Kominfo Provinsi NTT, Jl Palapa, Kota Kupang, Sabtu (20/11/2021). Foto: Frangky vn
Suasana Penutupan Masa Sidang III DPRD Kabupaten Rote Ndao, yang dilaksanakan di Palapa Room, kantor Dinas Kominfo Provinsi NTT, Jl Palapa, Kota Kupang, Sabtu (20/11/2021). Foto: Frangky vn

Frangky Johannis

 

Setelah melakukan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Perubahan Tahun Anggaran (TA) 2021 sejak Selasa (09/11/2021) di Rote, akhirnya DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao menggelar penutupan masa Sidang III dan penetapan APBD Perubahan TA 2021, di Palapa Room, kantor Dinas Kominfo Provinsi NTT, Jl Palapa, Kota Kupang, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan penutupan masa Sidang III yang dipimpin Ketua DPRD Rote Ndao Alfred Saudila didampingi Wakil Ketua I Yosia Adri Lau dan Wakil Ketua II Paulus Henuk itu dihadiri sejumlah pimpinan fraksi dan komisi, para anggota Dewan, Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus M Saek, Sekda Jonas M Selly, Asisten Sekda, dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkab Rote Ndao.

Ketua DPRD Alfred Saudila dalam sambutannya mengatakan, setelah 11 hari lamanya melakukan pembahasan dalam mekanisme persidangan, melakukan konsultasi, dan harmonisasi atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021, akhirnya Sabtu (20/11/2021), kita mengakhiri dan menutup masa Sidang III DPRD Rote Ndao, di Kupang.

Menurutnya, sesuai Peraturan DPRD Kabupaten Rote Ndao Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata Tertib DPRD Kabupaten Rote Ndao Pasal 105 Ayat 2 yang menegaskan bahwa dalam kondisi rapat DPRD tidak dapat dilaksanakan di dalam gedung DPRD, maka pelaksanaan rapat di luar gedung DPRD harus memperhatikan efesiensi dan efektivitas, serta disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

"Dasar regulasi inilah kita melaksanakan kegiatan penutupan Sidang III DPRD Rote Ndao TA 2021 di Kupang," katanya.

Dikatakan Saudila, perjalanan Sidang III ini menunjukkan suatu harmonisasi pemerintah dan DPRD sebagai penyelenggara pemerintah di Kabupaten Rote Ndao. Hal ini juga merupakan sinergisitas membangun daerah kita tercinta dalam semangat Ita Esa (Kita Satu).

Menurutnya, dengan ditetapkannya Perda Kabupaten Rote Ndao Nomor 3 Tahun 2021 tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021, maka kita memiliki legitimasi politis dan landasan yuridis dalam melaksanakan program kegiatan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan bagi rakyat Kabupaten Rote Ndao.

Pada kesempatan ini, kata Alfred Saudila, atas nama lembaga DPRD Kabupaten Rote Ndao kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi NTT, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika yang telah memfasilitasi tempat, peralatan, dan fasilitas Zoom Meeting dalam pelaksanaan penutupan masa Sidang III DPRD Rote Ndao di Kupang saat siang hari ini, serta Bupati Rote Ndao dan segenap jajaran birokrasi yang telah menginisiasi pelaksanaan penutuan sidang di Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT.

Apresiasi yang sama, kata dia, juga disampaikan kepada teman-teman di SekretariS DPRD Rote Ndao bersama seluruh staf yang membantu dan memfasilitasi pelaksanaan seluruh agenda persidangan, baik di Rote maupun di Kupang, serta seluruh pihak yang telah berperan membantu kelancaran pelaksanaan masa Sidang III ini.

"Saya atas nama teman-teman pimpinan dan anggota DPRD mengacungkan jempol atas ide briliant ini, sehingga persidangan kita lebih cepat 2 hari dari jadwal yang direncanakan semula," tutup Alfred Saudila.

Merespons Tuntutan, Harapan, dan Dinamika

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dalam sambutannya mengatakan, dalam masa Sidang III DPRD Kabupaten Rote Ndao telah terwujud kristalisasi dari berbagai pemikiran cerdas dari anggota Dewan terhormat maupun pemerintah, yang berkembang mulai dari tahapan asistensi, pembahasan di tingkat Komisi maupun Gabungan Komisi. Sehingga, akhirnya ditetapkan Perda APBD Perubahan TA 2021 sebagai landasan pijak pengelolaan keuangan daerah dalam merespons berbagai tuntutan, harapan, dan dinamika kehidupan masyarakat sesuai kondisi yang dihadapi saat ini.

Kita tentu berharap dengan ditetapkannya Perda APBD Perubahan ini, dapat memberikan dampak signifikan terhadap capaian kinerja anggaran dan mendorong kemajuan pelaksanaan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pelayanan publik, dan pemberdayaan masyarakat ke arah yang lebih baik sesuai target dan sasaran yang telah ditetapkan, dengan memanfaatkan secara optimal sisa waktu yang tersedia dengan melakukan langkah-langkah percepatan yang strategis.

Bupati Paulina juga menegaskan kepada seluruh pimpinan Perangkat Daerah selaku Pengguna Anggaran agar dapat melaksanakan seluruh target pendapatan dan belanja daerah dengan baik, sehingga kinerja yang tercantum dalam pengelolaan keuangan daerah dapat terukur dan tercapai pada akhir tahun anggaran.

Diakhir sambutannya Bupati Paulina menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD atas inisiatif dan kesungguhan bersama pemerintah melalui TAPD melaksanakan persidangan pembahasan APBD Perubahan TA 2021. Diharapkan keberhasilan bersama ini tetap dilanjutkan untuk pembahasan APBD murni TA 2022 dengan tepat waktu. (yan/ol)

 

 

Editor: Administrator

Terkini

DPRD Malaka Sudah Laporkan LHKPN Tahun 2021

Senin, 17 Januari 2022 | 21:42 WIB

Kapolda NTT Perintahkan Anak Buahnya Koreksi Diri

Senin, 17 Januari 2022 | 13:21 WIB

Jadwal Tahapan Pilkada 2024 masih Kabur

Senin, 17 Januari 2022 | 09:06 WIB

Politik Bukan Hal Tabu bagi Perempuan

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:15 WIB

DPRD Minta KPUD Hitung Ulang Anggaran Pilgub NTT

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:30 WIB

Anggaran Pilgub NTT Rp798 Miliar, Ini Rinciannya

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:36 WIB

Fantastis, Dana Pilgub NTT Capai Rp486 Miliar

Kamis, 13 Januari 2022 | 15:36 WIB

BPK Serahkan LHP Kepada Pemprov NTT

Rabu, 12 Januari 2022 | 19:49 WIB
X