Jangan Demo Pemimpin Buruk, Gunakan Hak Pilihmu

- Sabtu, 27 November 2021 | 15:08 WIB
IMG_20211127_160748
IMG_20211127_160748

Bernard Sapu

Lembaga konsultan politik Politician Academy menggelar diskusi publik dengan tema "Tren dan tantangan Pemilu Serentak Tahun 2024" di Aula Gereja Katolik Santa Maria Dolorosa Penginanga, Kelurahan Lape, Kecamatan Aesesa Kabupaten Nagekeo, Jumat (26/11).

Direktur Politician Academy, Bogas Adhi Chandra menegaskan masyarakat harus kritis dan konstruktif terhadap proses politik maupun kebijakan politik yang terjadi di daerahnya.

Menurutnya, masyarakat merupakan stakeholder utama dalam demokrasi dan perlu berkontribusi, memberikan masukan dan evaluasi terhadap kebijkan publik maupun pejabat publik yang dipilihnya dalam pemilu. Jika masyarakat tidak suka pada pemimpin yang buruk, maka gunakan hak pilih dengan baik.

"Jika masyarakat tidak suka pada pemimpin yang sedang memimpinnya tidak usah demo, namun tunggu pada saat pemilu tidak usah kita memilihnya kembali, karena itu cara yang paling santun,"tandasnya.

Diskusi publik, lanjut Bogas Adhi Chandra bertujuan memberikan literasi politik kepada masyarakat sesuai misi dari Lembaga Politician Academy.

Ia berharap diskusi menghasilkan dialog yang cerdas dalam melihat kebijakan publik yang terjadi di wilayah Kabupaten Nagekeo serta bisa memberikan masukan kepada para stakholder baik eksekutif maupun legislatif.

Sementara pengamat sosial Pater Dr. Hubert Muda, SVD mengatakan politik tidak hanya pada narasi saja, namun harus diikuti dengan advokasi serta pendekatan budaya sehingga menghadirkan kenyamanan di masyarakat.

Pater Hubert menambahkan dalam politik pasti ada kelompok humanitas baru yang akan mencegah jual beli agama demi kekuasaan politik dan kelompok yang akan mencegah kita agar tidak terpengaruh dengan gaya pendekatan seperti itu

Pembicara lain, Bupati Nagekeo dr. Johanes Don Bosco Do dalam sambutan pembukaan mengatakan partai politik bertugas untuk mengurus kaderisasi serta mencari kader yang berkompeten untuk dipersiapkan pada pemilu berikutnya.

Hadir dalam diskusi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nagekeo Kristianus Dua Wea, serta sejumlah ketua parpol yang ada di Kabupaten Nagekeo. (bev/ol)

Editor: Beverly Rambu

Terkini

Penutupan Holywings, Manajemen: Kami Kecolongan

Rabu, 29 Juni 2022 | 14:53 WIB
X