50 Pedagang Di Pasar Kasih Kota Kupang Tes HIV

- Jumat, 3 Desember 2021 | 14:52 WIB
91c8a1b5-b3a2-4ef0-9438-eaee8a2b403b
91c8a1b5-b3a2-4ef0-9438-eaee8a2b403b

Sinta Tapobali



Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 1 Desember kemarin, KPA NTT berkolaborasi bersama KPA Kota Kupang, PD Pasar dan Layanan VCT Rumah Sakit Umum WZ Johannes Kupang, menyelenggarakan mobile VCT HIV AIDS di Pasar Kasih Naikoten I.


Mobile VCT HIV AIDS ini diikuti 50 orang pedagang yang berjualan di Pasar Kasih Naikoten 1 Kupang, Jumat (3/12) pagi.


Sebelum pelaksanaan VCT atau konseling dan tes sukarela, para pedagang mendapat edukasi terkait bahaya HIV/AIDS dan pentingnya melakukan pemeriksaan HIV sedini mungkin.


Sekretaris KPA NTT, dr. Husein yang dikonfirmasi VN mengatakan tema besar peringatan Hari AIDS sedunia tahun ini berbunyi End Inequalities, End AIDS yang artinya Akhiri Ketimpangan, Akhiri AIDS.


Melalui tema besar ini, KPA mengajak seluruh elemen masyarakat dan Pemerintah untuk berkomitmen mengakhiri penyebaran HIV AIDS. Kampanye ini mengajak masyarakat agar lebih berhati-hati demi berakhirnya penyakit HIV AIDS di tahun 2030.


Menurutnya, penanggulangan dan pencegahan HIV AIDS harus dilakukan bersama-sama, karena selain kasus pandemi Covid-19 yang harus dihadapi, tantangan penyakit HIV AIDS yang bisa menyerang siapa saja juga perlu diwaspadai agar tidak semakin menyebar dan menyebabkan kematian.


Layanam mobile VCT ini merupakan bentuk upaya pencegahan terhadap penularan HIV bagi kelompok masyarakat yang kesehariannya sibuk mencari nafkah dan tidak memiliki waktu untuk pergi melakukan pemeriksaan ke layanan VCT yang disediakan baik di Puskesmas maupun Rumah Sakit.


Ia berharap melalui layanan mobile VCT ini dapat menjangkau kelompok masyarakat lainnya sehingga sadar dan secara sukarela mau melakukan pemeriksaan sedini mungkin demi pencegahan HIV.

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Terkini

Ini Tiga Sasaran Baru BLT yang Disalurkan Desember 2022

Sabtu, 24 September 2022 | 18:47 WIB

Pengamat Desak Polri Usut Jet Pribadi Hendra Kurniawan

Sabtu, 24 September 2022 | 18:10 WIB
X