DPRD Tolak Ongkos Tidak Wajar Dharma Wanita Kota Kupang Senilai Rp 1 Miliar

- Jumat, 3 Desember 2021 | 20:41 WIB
IMG-20211203-WA0051
IMG-20211203-WA0051

Putra Bali Mula

Anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang menolak permintaan anggaran sebesar Rp 1 miliar untuk ongkos perjalanan dinas Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Kupang.

Penolakan Anggota Komisi IV dilakukan saat sidang membahas anggaran tahun 2022 di ruang Komisi IV, Jumat (3/12). Komisi IV menyebut anggaran tersebut tidak wajar, tidak masuk akal. Anggaran ini dikelola Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Kupang.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Kupang Diana Bire, menegaskan anggaran untuk DWP harus dialihkan ke bantuan beasiswa ketimbang membiayai perjalanan yang tidak berdampak kepada masyarakat. Sementara daftar tunggu beasiswa ini hampir mencapai 1.500 orang.

Menurutnya, lebih baik anggaran ini dibatalkan karena kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir. Diana juga mempertanyakan asas manfaat perjalanan dinas DWP ini.

"Menurut saya, anggaran untuk DWP ini bukan kebutuhan urgent. Ada perjalanan ke Labuan Bajo, Sumba, Jakarta," tukasnya.

Alfred Djami Wila yang juga Anggota Komisi IV juga mendorong agar anggaran itu dibatalkan sebab menurut dia hanya buang-buang anggaran. Ia menyebut lebih baik anggaran ini dialihkan pada penanganan stunting dan juga Covid-19.

"Saat mereka kembali dari kunjungan luar daerah tersebut, konsultasi yang dilakukan, apa manfaatnya," ujar dia.

Sementara itu, Asisten III Yanuar Dally mengatakan untuk beasiswa tahun 2022 juga kembali dianggarkan untuk 1.000 orang atau kuota yang ditetapkan 1.000 orang, dengan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar.

Yanuar Dally menjelaskan, untuk kegiatan Dharma Wanita Persatuan tersebut merupakan kegiatan dari pemerintah pusat atau DWP Pusat sehingga disinkronkan di kabupaten dan kota. (bev/ol)

Editor: Beverly Rambu

Terkini

Keluarga Brigadir J Minta Putri Chandrawati Jujur

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:17 WIB
X