Lulusan Universitas Nusa Lontar Rote Jangan Berpikir Jadi ASN

- Kamis, 16 Desember 2021 | 09:53 WIB
Kepala LLDIKTI XV Prof Mangadas Lumban Gaol (bertopi Ti'i langga),  Rektor Unstar Daniel Babu, dan Ketua Yayasan Nusa Lontar Dr Jamin Habid (berjas) foto bersama para lulusan terbaik masing-masing jurusan, usai prosesi wisuda, kemarin.
Kepala LLDIKTI XV Prof Mangadas Lumban Gaol (bertopi Ti'i langga), Rektor Unstar Daniel Babu, dan Ketua Yayasan Nusa Lontar Dr Jamin Habid (berjas) foto bersama para lulusan terbaik masing-masing jurusan, usai prosesi wisuda, kemarin.

Frangky Johannis

Lulisan Universitas Nusa Lontar (Unstar) Rote Ndao jangan hanya berpikir untuk menjadi seorang aparatur sipil negara (ASN) setelah diwisuda.

Para wisudawan harus berpikir out of the box (keluar dari zona nyaman) menjadi enterpreneur (swasta) dengan memanfaatkan dan mengeksploitasi seluruh potensi yang ada di Rote Ndao demi peningkatan ekonomi.

Demikian harapan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dalam sambutan yang dibawakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov NTT Ganef Wurgianto pada Dies Natalis ke-13 sekaligus wisuda tahun akademik 2020/2021 Rabu, (12/15) di aula kampus Unstar Mokdale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

"Jabatan Bupati dan wakil bupati hanya satu orang. Kepala dinas sekitar 20 orang saja, pejabat lain juga terbatas oleh karena itu harus berpikir swasta (menciptakan lapangan kerja)," sebut Ganef yang juga mantan Kadis Perikanan dan Kelautan Pemprov NTT itu.

Setelah menjadi sarjana dan terjun di masyarakat, wisudawan juga harus mampu mewujudnyatakan keilmuwannya. "Orang hukum bukan hanya paham KUHAP saja, tetapi harus tahu turunan dari undang-undang sampai SK Menteri dan Peraturan Bupati," ujar Ganef.

Hal senada juga disampaikan Asisten I Setda Rote Ndao Untung Harjito yang membacakan sambutan Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu.

Untung menegaskan sedikitnya peluang kerja di Rote Ndao menyebabkan lulusan Unstar harus mengembangkan diri serta merubah paradigma. Bukan lagi mencari pekerjaan, tetapi membuka lapangan pekerjaan.

"Pemkab membutuhkan tenaga terampil dari perguruan tinggi, sesuai dengan visi dan misinya di sektor pariwisata didukung dengan sektor pertanian dan perikanan," jelasnya.

Rote Ndao memiliki potensi destinasi pariwisata beragam yang eksotis dan alamiah. Dan itu peluang untuk membuka peluang kerja.

Rektor Unstar Daniel Babu dalam orasinya mengatakan Unstar hadir 20 tahun silam, hingga tahun ini telah mewisuda ribuan mahasiswa. "Tidak dapat dipungkiri bahwa lulusan Unstar telah memberikan kontribusi nyata bagi pemerintah Rote Ndao dan juga Pemerintah Provinsi," ungkapnya.

Rektor memberikan apresiasi yang tinggi Bupati Paulina Haning Bullu yang telah memberikan beasiswa kepada 23 orang mahasiswa Unstar. "Semestinya bisa lebih banyak tapi ada mahasiswa tidak memenuhi syarat," katanya.

Ia mengaku, perlahan namun pasti, Unstar terus berupaya membenahi. "Saat ini tercatat staf pengajar (dosen) 24 orang Strata 2 (S2), 2 orang strata tiga (S3), dan sesuai dengan regulasi Unstar tidak lagi mempekerjakan S1, baik dosen part time dan juga dosen tetap," jelasnya.

Prof Mangadas Lumban Gaol berharap agar dalam perekrutan dosen harus mempertimbangkan skill, sehingga bisa menjawab tri darma perguruan tinggi.
Prof. Mangadas juga meminta perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di NTT termasuk Unstar Rote Ndao, meningkatkan kompetensi dosen. "Ada kompetensi guru dan dosen. Kalau di perguruan tinggi mengatakan, jika sudah sertifikasi dosen maka dosen akan sejahtera. Digaji dua kali, selain dari yayasan juga dari negara," sebut Prof Manganas.

Jaumlah wisudawan 28 orang mahasiswa dari 6 fakultas yakni Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Ilmu Pendidikan dan Pertanian. Lulusan Terbaik adalah Nerson Baitanu dari Fakultas Hukum.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala LLDIKTI XV Prof Mangadas Lumban Gaol,, Asisten I Setda Rote Ndao Untung Harjito, Rektor Unstar Daniel Babu, Ketua Yayasan Nusa Lontar Dr Jamin Habid, Kapolres Rote Ndao AK I Nyoman Putra Sandika, tamu undangan dan civitas akademika Unstar. (bev/ol)

Editor: Beverly Rambu

Terkini

HEBAT! Dua Bocah SD Berhasil Gagalkan Aksi Jambret HP

Kamis, 2 Februari 2023 | 16:15 WIB
X