Menparekraf Kembangkan Pariwisata Perbatasan di NTT

- Minggu, 19 Desember 2021 | 07:12 WIB
Menparekraf Indonesia Sandiaga Uno. Foto: Liputan 6.com
Menparekraf Indonesia Sandiaga Uno. Foto: Liputan 6.com

Putra Bali Mula

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengaku telah rapat bersama Bupati Sumba Timur, Sumba Barat, dan Malaka dalam mengembangkan pariwisata di tiga daerah.

"Pariwisata berbasiskan perbatasan akan dikembangkan," sebut dia.

Hal tersebut disampaikannya secara virtual yang diselenggarakan Pos Kupang, Tribunnews dan Pemerintah Provinsi NTT dalam rangka memperingati hari ulang tahun Provinsi NTT ke-63.

Acara tersebut bertema "Mengembangkan Pariwisata Modern di NTT" yang berlangsung, Jumat (17/12) melalui kanal virtual milik Tribunnews.

Menurutnya, pariwisata perbatasan adalah penyumbang wisatawan terbanyak di Indonesia per hari ini. Secara umum tantangan pariwisata dan ekonomi kreatif di NTT cukup beragam begitu pula dengan pariwisata perbatasan.

Pariwisata berbasis perbatasan ini untuk mengakselerasi dengan pariwisata super prioritas dengan Labuan Bajo sebagai multiplayer effects terhadap ekonomi.

Ia menyebut perkembangan ekonomi dapat hadir secara natural atau dapat diaktivasi melalui sektor lainnya seperti akomodasi, tranportasi kuliner, tour and travel, industri kreatif, dan lain sebagainya.

NTT akan dijadikan pariwisata berkualitas dengan jumlah kunjungan yang menekankan kualitas bukan kuantitas dengan penggunaan teknologi digital agar membuka lapangan kerja.

"NTT harus memanfaatkan momentum untuk menarik wisawatan berkualitas," sebut dia.

Wisatawan berkualitas adalah yang dapat menikmati wisata lainnya selain Labuan Bajo seperti Ende, Waerebo, Larantuka, Maumere, Rote, Sumba hingga Malaka. (bev/ol)

Editor: Beverly Rambu

Terkini

Penutupan Holywings, Manajemen: Kami Kecolongan

Rabu, 29 Juni 2022 | 14:53 WIB

Kepala BNPB Pimpin Satgas Penanganan PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 08:28 WIB
X