Kota Kupang Terapkan PPKM Level II hingga 17 Januari

- Rabu, 5 Januari 2022 | 17:08 WIB
IMG-20211230-WA0028
IMG-20211230-WA0028

Sinta Tapobali

 

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM selama dua minggu, berlaku sejak 4 Januari hingga 17 Januari 2022.

Dalam periode ini, sejumlah wilayah di Indonesia menerapkan PPKM level II salah satunya Kota Kupang.

Hal ini tertuang dalam instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2022, tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat level 3,level 2 dan level 1 serta mengoptimalkan posko penanganan coronavirus disease 2019 (Covid-19) di tingkat desa dan kelurahan untuk pengendalian penyebaran di wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Selain Kota Kupang sejumlah daerah lainnya juga kembali ditetapkan sebagai daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level II di antaranya, Kabupaten Kupang, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Ende, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Kabupaten Sabu Raijua dan Kota Kupang,

Sedangkan untuk daerah dengan penerapan level I diantaranya Kabupaten Alor, Kabupaten Flores Timur, Kabupaten Sikka, Kabupaten Ngada, Kabupaten Manggarai, Kabupaten Lembata, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Nagekeo, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Malaka.

Menindaklanjuti instruksi Mendagri tersebut, Wakil Wali Kota Kupang, dr Hermanus Man, mengatakan, tidak ada yang berubah dari Surat Edaran (SE) Wali Kota Kupang yang dikeluarkan sebelumnya.

Menurut Wawali, Kota Kupang kembali menerapkan PPKM Level II, karena jumlah orang yang ditracing dan testing itu sedikit atau belum mencapai standar yang ditetapkan.

"Kenapa sampai jumlah testing kita sedikit, karena memang jumlah pasien yang terpapar covid-19 sedikit sehingga tidak banyak yang ditracing. Selain itu, upaya untuk melakukan tracing dan testing banyak dihindari masyarakat," ujarnya.

Sesuai dengan data yang diperoleh dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Kupang, 11 kelurahan di Kota Kupang berada dalam status zona kuning dalam peta sebaran Covid-19 hingga Senin 3 Januari 2022 sedangkan sisanya zona hijau. (Yan/ol)

 

Editor: Administrator

Terkini

Penutupan Holywings, Manajemen: Kami Kecolongan

Rabu, 29 Juni 2022 | 14:53 WIB

Kepala BNPB Pimpin Satgas Penanganan PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 08:28 WIB
X