Kasus Korupsi PT Garuda Indonesia, Kejagung Mulai Penyelidikan

- Selasa, 11 Januari 2022 | 19:33 WIB
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak. (Kejagung)
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak. (Kejagung)

JAKARTA, VICTORY NEWS -Direktur penyidikan Jaksa Agung Muda pada bidang tindak pidana khusus (Pidsus) mulai melakukan penyelidikan dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan Keuangan pada PT Garuda Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak dalam siaran persnya Selasa 11 Januari 2022 dengan nomor: PR-040/040/K.3/Kph.3/01/2022.

Baca Juga: Tersangka Baru Kasus Pembunuhan Astrid dan Lael, Ini Kata Polda Pl

Dalam siaran pers tersebut, Kapuspenkum Kejagung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, menerangkan bahwa, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus telah mengeluarkan surat perintah penyidikan

Atas hal tersebut yang mengakibatkan kerugian keuangan negara dengan waktu perjanjian tahun 2013, sampai dengan saat ini dan manipulasi data dalam laporan penggunaan bahan bakar pesawat.

Ia menjelaskan berdasarkan Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP), di tahun 2009-2014, terdapat rencana kegiatan pengadaan penambahan armada pesawat sebanyak 64 pesawat yang akan dilaksanakan oleh PT Garuda Indonesia, baik dengan menggunakan skema pembelian (financial lease) dan sewa (operation lease buy back) melalui pihak lessor.

Baca Juga: Penyidik Polda NTT Fokus Periksa Saksi Pembunuhan Astri dan Lael

Selain itu, sumber dana yang digunakan dalam rencana sumber dana yang digunakan dalam rencana penambahan jumlah armada tersebut dengan menggunakan Lessor Agreement di mana pihak ketiga akan menyediakan dana dan PT Garuda Indonesia kemudian akan membayar kepada pihak lessor dengan cara pembayaran secara bertahap dengan memperhitungkan waktu pengiriman terhadap inflasi.

Atas RJPP tersebut direalisasikan beberapa jenis pesawat di antaranya ATR 72-600 sebanyak 50 unit pesawat (pembelian 5 unit pesawat dan sewa 45 unit pesawat).

Halaman:

Editor: Beverly Rambu

Tags

Terkini

Keluarga Brigadir J Minta Putri Chandrawati Jujur

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:17 WIB
X