Ragam Acara Hari Pancasila di Ende, Ada Konser Slank dan Prosesi Bung Karno

- Rabu, 12 Januari 2022 | 19:12 WIB
PANCASILA
PANCASILA

KUPANG, VICTORY NEWS- Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik NTT Yohanes Oktavianus mengatakan, peringatan dan perayaan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022 tidak hanya dilaksanakan upacara tetapi diawali dengan sejumlah kegiatan.

Kegiatan antara lain lomba tari-tarian daerah, lomba paduan suara dan lomba pidato kebangsaan antar siswa-siswi SMP/SMA/SMK di NTT.

Ia mengimbau, seluruh daerah untuk menyiapkan perwakilan mengikuti lomba menyanyi lagu kebangsaan, lomba tarian daerah dan pidato kebangsaan secara virtual.

Baca Juga: Dapat Sanksi Berat, Sekretaris Dinas Kominfo Lembata : Jangan Copot NIP Saya

"Perayaan ini tidak hanya upacara saja, tetapi akan diawali dengan aneka perlombaan tari-tarian daerah, lomba paduan suara lagu-lagu nasional, dan pidato kebangsaan," kata Yohanes kepada Victory News, Rabu, (12/1/2022).

Pemerintah kabupaten Ende telah menyiapkan kegiatan prosesi laut dan prosesi darat sebagai representasi dari kisah Bung Karno ketika datang ke Ende.

"Akan diprosesikan orang yang mirip Bung Karno akan diterima di pelabuhan Ende, kemudian dibawa ke markas Polisi Militer sekarang. Dibawa lagi tempat diskusinya rumah pengasingan dan tempat perenungan Bung Karno, hingga diantar ke tempat pemakaman ibu mertua Bung Karno," ujarnya.

Baca Juga: Terbukti Korupsi Dana Desa, Bendahara dan Kades Makun Divonis 4 Tahun Penjara

Direncanakan pula pencanangan rumah Pancasila dari Ende untuk Indonesia, upacara peringatan dan simposium yang menghadirkan Mendagri, Kepala BPIP, Menpolhukam Mahmud M D, Ex Terorisme dan Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat sebagai pemateri.

"Yang menjadi pembicara awal itu kaum millenial, yang pertama itu adalah yang juara pidato. Kemudian akan dilanjutkan oleh kaum milenial yang empat unsur yaitu GMKI, GMNI, PMKRI, dan HMI yang menyampaikan pikiran mereka terhadap Pancasila yang disimak dan didiskusikan oleh pejabat hadir," katanya.

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Menhan Prabowo Subianto Tiba di Kupang

Jumat, 28 Januari 2022 | 18:37 WIB

Bandara Halim Perdanakusuma Segera Direvitalisasi

Sabtu, 22 Januari 2022 | 07:20 WIB

DPRD Malaka Sudah Laporkan LHKPN Tahun 2021

Senin, 17 Januari 2022 | 21:42 WIB

Kapolda NTT Perintahkan Anak Buahnya Koreksi Diri

Senin, 17 Januari 2022 | 13:21 WIB

Jadwal Tahapan Pilkada 2024 masih Kabur

Senin, 17 Januari 2022 | 09:06 WIB

Politik Bukan Hal Tabu bagi Perempuan

Jumat, 14 Januari 2022 | 20:15 WIB

DPRD Minta KPUD Hitung Ulang Anggaran Pilgub NTT

Jumat, 14 Januari 2022 | 11:30 WIB
X