MA Vonis Veronika Syukur, Terpidana Korupsi tanah di Labuan Bajo, Bayar Denda Rp 1 Miliar

- Sabtu, 5 Maret 2022 | 15:12 WIB
Jaksa Eksekutor saat melakukan eksekusi terhadap terpidana Veronika Syukur di Lapas Perempuan Kupang.  Foto:  Dok Kejati NTT
Jaksa Eksekutor saat melakukan eksekusi terhadap terpidana Veronika Syukur di Lapas Perempuan Kupang. Foto: Dok Kejati NTT

KUPANG, VICTORYNEWS - Mahkamah Agung RI, dalam amar putusannya menolak kasasi yang diajukan terdakwa Veronika Syukur dan JPU Kejari Manggarai Barat.

Veronika Syukur merupakan terpidana kasus pidana korupsi terkait aset tanah di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Provinsi NTT dengan kerugian negara Rp 1,3 triliun. 

Jaksa eksekutor pada Kejati NTT, Hendrik Tiip kepada victorynews.id, Sabtu (5/3/2022), menjelaskan, dalam amar putusan Mahkamah Agung RI, Nomor 922 K/Pid.Sus/2022 tanggal 8 Februari 2022, menolak kasasi dari kuasa hukum dan JPU.

Baca Juga: PLN Bangun PLTS Pada Beberapa Pulau di Kawasan Labuan Bajo

“Dalam amarnya menolak kasasi dari JPU pada Kejari Manggarai Barat dan Kasasi dari terdakwa Veronika Syukur dan denda senilai Rp 1 Miliar, subsidair 3 bulan kurungan,” jelas Hendrik.

Selain denda, kata Hendrik, terpidana juga dibebani membayar uang pengganti senilai Rp 650 juta

“Dalam amar kasasi itu, jika dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap, terpidana tidak membayar, maka harta bendanya dapat disita jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut,” jelasnya.

Baca Juga: Kasus Tanah Mabar, Hakim Vonis Veronika Syukur 7,5 Tahun Penjara

Ia menambahkan, bila harta benda terpidana tidak mencukupi membayar uang pengganti maka akan diganti dengan pidana penjara selama 3 tahun.

“Dan apabila terpidana tidak mempunyai harta benda yang mencukupi untuk membayar uang pengganti, maka diganti dengan pidana penjara selama 3 tahun,” katanya. ***

Halaman:

Editor: Polce Siga

Tags

Terkini

Penutupan Holywings, Manajemen: Kami Kecolongan

Rabu, 29 Juni 2022 | 14:53 WIB

Kepala BNPB Pimpin Satgas Penanganan PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 08:28 WIB
X