Menpan RB Perbolehkan ASN Bepergian ke Luar Negeri

- Senin, 21 Maret 2022 | 19:43 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo.  (Dok. Kemenpan RB)
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Dok. Kemenpan RB)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Aparatur Sipil Negara (ASN) boleh bernapas lega.

Sebelumnya para ASN dilarang bepergian ke luar negeri dalam SE Menteri PANRB No. 3/2022 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Negeri Pada Masa Pandemi Covid-19.

Kini ASN diperbolehkan untuk bepergian ke luar negeri selama pandemi covid 19 setelah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo sudah mencabut larangan itu.

Baca Juga: MenpanRB Perintahkan ASN Laporkan Penyalahgunaan Narkoba

Dilansir dari menpan.go.id, Senin (21/3/2022), pencabutan itu tertuang dalam SE Menteri PANRB No. 10/2022 yang ditandatangani pada 21 Maret 2022.

“SE ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan dengan berlakunya SE ini, maka SE No. 3/2022 dicabut dan dinyatakan tidak berlaku,” bunyi surat edaran tersebut.

Meskipun larangan bepergian ke luar negeri telah dicabut, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo meminta ASN untuk tetap wajib mengikuti ketentuan yang berlaku apabila ASN hendak bepergian ke luar negeri.

Baca Juga: Tahun 2021, Tiga Kantor Cabang Bank NTT Terbaik Dalam Pengendalian Kredit Macet

Dalam SE disebutkan bahwa pegawai ASN yang melaksanakan perjalanan ke luar negeri harus terlebih dahulu memperoleh izin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) atau pejabat yang diberikan delegasi kewenangan di bidang kepegawaian di lingkungan instansi masing-masing.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: menpan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jhan Ethes, Cucu Pertama Jokowi Ingin Jadi Presiden

Senin, 8 Agustus 2022 | 13:39 WIB
X