Horeee... Presiden Izinkan Masyarakat Lepas Masker, Begini Penerapannya!

- Selasa, 17 Mei 2022 | 18:18 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan penjelasan terkait penggunaan masker di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022). (presidenri.go.id)
Presiden Joko Widodo memberikan penjelasan terkait penggunaan masker di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022). (presidenri.go.id)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah membolehkan masyarakat melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan atau area terbuka.

Pelonggaran aturan pemakaian masker itu ditetapkan pemerintah setelah kondisi penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali.

Presiden Joko Widodo mengatakan hal itu dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Pemerintah Luncurkan Program MigorRakyat, Begini Harga dan Cara Membelinya

“Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik, tetap harus menggunakan masker,” ujar Presiden seperti dikutip victorynews.id dari laman resmi presidenri.go.id, Selasa (17/5/2022).

Baca Juga: Jumlah Penumpang Yang Gunakan Tol Laut di Alor Cukup Tinggi

Sementara itu, bagi masyarakat yang masuk kategori rentan, lansia, atau memiliki penyakit komorbid, Presiden Jokowi tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

“Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas,” imbuhnya.

Selain melonggarkan kebijakan pemakaian masker, pemerintah juga melonggarkan kebijakan tes usap PCR atau Antigen bagi pelaku perjalanan. Aturan tersebut berlaku bagi mereka yang telah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Sumber: presidenri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menpan RB Tjahjo Kumolo Masuk Rumah Sakit

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:26 WIB

Artis Senior Rima Melati Tutup Usia

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:29 WIB
X