Masyarakat Indonesia lebih Cerewet di Twitter daripada Baca Buku

- Selasa, 17 Mei 2022 | 19:23 WIB
Ilustrasi buku.  (Pixabay.com)
Ilustrasi buku. (Pixabay.com)

JAKARTA, VICTORY NEWS-Masyarakat Indonesia ternyata lebih suka cerewet di twitter daripada membaca buku.

Hal tersebut menjadi suatu bukti bahwa memang literasi di Indonesia sampai saat ini masih rendah.

Minat orang Indonesia untuk cuit di twitter sangat tinggi. Pihak twitter sendiri mengakui bahwa memang orang Indonesia paling cerewet di twitter.

Hal yang memicu masyakarat Indonesia lebih cerewet di twitter karena kultur masyarakat yang lebih senang bertutur daripada membaca. Hal tersebut sangat berkorelasi dengan rendahnya literasi Indonesia.

Baca Juga: Breaking News! Polres Belu Tahan 5 Tersangka Kasus Korupsi Sanitasi

Dilansir victorynews.id dari pikiran rakyat.com dengan judul Tingkat literasi di indonesia rendah penyebab hingga cara mengatasinya-diungkap-pengamat, Pengamat Kebijakan Pendidikan sekaligus Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia Cecep Darmawan mengatakan, ada beberapa penyebab literasi di Indonesia rendah

Salah satunya, kultur masyarakat Indonesia yang lebih senang bertutur dibandingkan membaca. Hal itu terbukti dari pernyataan pihak twitter bahwa orang Indonesia paling cerewet di twitter.

Selain itu, faktor tingkat pendidikan yang rendah juga mendorong tingkat literasi rendah. Rata-rata lama sekolah di Indonesia masih sekitar delapan tahun. 

Dengan demikian, masyarakat tidak terdorong untuk membaca buku Sementara negara-negara dengan tingkat pendidikan tinggi biasanya masyarakatnya memiliki minat baca yang tinggi.

Baca Juga: 5 Nama dan Visi Misi Calon Ketua Inkindo NTT Periode 2022-2026

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penutupan Holywings, Manajemen: Kami Kecolongan

Rabu, 29 Juni 2022 | 14:53 WIB
X