Rayakan Harkitnas, Menkominfo Sebut Semangat Budi Utomo Masih Relevan

- Jumat, 20 Mei 2022 | 15:56 WIB
Menkominfo Johnny G Plate memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022 secara hibrida dari halaman Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (20/5/2022).  (kemenkominfo.go.id)
Menkominfo Johnny G Plate memimpin Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2022 secara hibrida dari halaman Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (20/5/2022). (kemenkominfo.go.id)

JAKARTA, VICTORYNEWS - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114.

Menkominfo memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-144 di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Jumat (20/5/2022).

Dilansir victorynews.id dari laman resmi kominfo.go.id, falam sambutannya, Menkominfo mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memaknai semangat persatuan Budi Utomo.

Baca Juga: Peringati Harkitnas ke-114, Ini Pesan Menkominfo yang Dibacakan Wali Kota Kupang

“Semangat Budi Utomo masih relevan untuk kita pada kehidupan berbangsa saat ini di tengah krisis pandemi Covid-19 dan konflik akibat operasi militer di Ukraina oleh Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi mikro tentang geopolitik menjadi tidak stabil,” ujar Menkominfo.

Menkominfo menjelaskan, Presiden Soekarno menetapkan hari lahirnya Perkumpulan Budi Utomo pada 20 Mei 1948 sebagai hari bangkitnya nasionalisme Indonesia.

Sebab, pada masa itu terdapat ancaman perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Baca Juga: Ketua Asprov NTT: Mari Gelorakan Kembali Semangat Bermain Sepak Bola

“Sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Budi Utomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Paschal Seran

Terkini

Menpan RB Tjahjo Kumolo Masuk Rumah Sakit

Jumat, 24 Juni 2022 | 11:26 WIB

Artis Senior Rima Melati Tutup Usia

Kamis, 23 Juni 2022 | 20:29 WIB
X