Waspada! Penularan Cacar Monyet Bisa Lewat Udara

- Kamis, 26 Mei 2022 | 17:27 WIB
Ilustrasi cacar monyet.  (Pixabay.com)
Ilustrasi cacar monyet. (Pixabay.com)

JAKARTA, VICTORY NEWS-Penyakit Cacar monyet yang saat ini sedang menghantui dunia dapat ditularkan melalui droplet, cairan baik darah maupun cairan tubuh lainnya termasuk lewat udara.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril, mengatakan virus yang pertama kali ditemukan pada manusia pada tahun 1970 ini, penularannya terjadi melalui kontak erat dengan hewan atau manusia yang terinfeksi atau benda yang terkontaminasi virus.

“Penularan dapat melalui darah, air liur, cairan tubuh, Lesi kulit atau cairan pada cacar, kemudian droplet pernapasan,” katanya, dikutip victorynews.id dari laman resmi kemkes.go.id, Kamis (26/05/2022).

Baca Juga: Ira Ua Ditahan Polda NTT, Sidang Randi Badjideh Dilanjutkan 2 Juni 2022

Masa inkubasi cacar monyet biasanya 6 sampai 16 hari tetapi dapat mencapai 5 sampai 21 hari. Gejala awal yang terjadi pada 1 sampai 3 hari yaitu demam tinggi, sakit kepala hebat, limfadenopati atau pembengkakan kelenjar getah bening, nyeri punggung, nyeri otot, dan lemas.

Pada fase paling infeksius terjadinya ruam atau lesi pada kulit biasanya dimulai dari wajah kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Ruam ini secara bertahap mulai dari bintik merah seperti cacar makulopapula, lepuh berisi cairan bening (blister), lepuh berisi nanah (pustule), kemudian mengeras  atau keropeng lalu rontok.

Baca Juga: Ketua DPRD NTT Emi Nomleni Ingatkan Pemprov NTT Jangan Ada Acara Seremonial di Hari Minggu

“Biasanya diperlukan waktu hingga 3 minggu sampai periode lesi tersebut menghilang dan rontok,” ucap dr. Syahril.

Upaya pencegahan untuk masyarakat, jika mengalami gejala demam dan ruam harap memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat.

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PMK Rawan Tersebar Lewat 'Jalan Tikus' RI-RDTL

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:16 WIB

Keluarga Brigadir J Puas Dengan Komitmen Polri

Minggu, 14 Agustus 2022 | 15:05 WIB
X