Menkes Sampaikan 3 Sarat Transisi Pandemi Covid-19 Menjadi Endemi

- Selasa, 31 Mei 2022 | 19:43 WIB
Pemerintah sampai saat ini belum mengumumkan pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan berakhir atau menjadi endemi.  (Dok.pixabay.com)
Pemerintah sampai saat ini belum mengumumkan pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan berakhir atau menjadi endemi. (Dok.pixabay.com)

JAKARTA, VICTORY NEWS-Kasus Covid-19 hingga saat ini jumlahnya sudah menurun drastis.

Namun, Pandemi Covid-19 belum ditetapkan menjadi endemi, meskipun telah banyak kelonggaran terkait pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi Covid-19.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan beberapa syarat transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi.

Seperti dilansir victorynews.id dari pikiran rakyat.com dengan judul Menkes Ungkap Tiga Syarat Penentu Transisi Pandemi Menuju Endemi di Indonesia,  menurut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, ada tiga syarat kondisi yang harus dipenuhi terlebih dahulu jika Indonesia ingin menentukan transisi pandemi menjadi endemi.

Baca Juga: BPJS Kesehatan : Ingin Berobat Cukup Tunjukkan KTP

Pertama, kata Menkes transmisi komunitas harus berada di level 1 selama tiga bulan berturut-turut.

"Sesuai aturan WHO yakni berapa kasus per 100 ribu, berapa yang masuk rumah sakit per 100 ribu dan yang meninggal per 100 ribu, itu harus level 1 selama tiga bulan berturut-turut," katanya dalam keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, jakarta, Selasa.

Syarat kedua, tingkat vaksinasi Covid-19 lengkap atau dua dosis penuh harus berhasil mencapai 70 persen dari total populasi masyarakat Indonesia.

Dan yang ketiga, kata dia, laju penularan atau reproduction rate harus berada pada angka 1 atau di bawah 1 selama tiga bulan berturut-turut.

Baca Juga: Keluarga Lamaholot Kupang Gelar Seminar Kebudayaan

Halaman:

Editor: Yance Jengamal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

LPSK Tolak Permohonan Perlindungan Istri Ferdi Sambo

Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:17 WIB
X